Umbul Sidomukti Tawarkan Beragam Atraksi Wisata Pemacu Adrenalin

Umbul Sidomukti Tawarkan Beragam Atraksi Wisata Pemacu Adrenalin

0
Umbul Sidomukti

Pemandian alam Umbul Sidomukti adalah salah satu dari banyak objek wisata andalan Bandungan. Letak persisnya di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. PT Panorama Agro Sidomukti mengelola umbul ini dengan cara menjadikannya Taman Renang Alam.

sewa mobil online

Taman Renang Umbul Sidomukti buka setiap hari Senin-Jumat pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 07.00-17.00 WIB.

Sebagai sebuah pemandian umum, fungsi utamanya memang sebagai tempat membasuh diri. Air umbul berasal dari Tuk Watu Payung dan Tuk Ngetihan. Tuk yang mengaliri pemandian ini berada pada ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut di lereng Gunung Ungaran dan memancar setinggi 3 meter. Karena itulah, taman renang umbul ini disebut sebagai tempat pemandian alam tertinggi di Jawa Tengah.

Baca :   Pantai Maron : Dekat dengan Pusat Kota, Kini Tampak Berbeda

Air di kedua tuk tersebut sangat bening dan bersih. Air yang mengalir sepanjang tahun ini selain digunakan untuk mengaliri pemandian juga digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan mengairi sawah. Masyarakat percaya bahwa air dari Tuk Ngetihan bisa membuat seseorang awet muda jika digunakan untuk membasuh diri.

Sistem pengairan Umbul Sidomukti memastikan bahwa tidak ada setetes air pun yang terbuang serta ramah lingkungan. Mata air mengalirkan air langsung ke kolam renang. Aliran air irigasi ditampung di bak-bak. Air yang sudah digunakan diresapkan ke dalam tanah.

Baca :   Kalipancur Punya Tebing Berkemiringan 90 Derajat

Meskipun Umbul Sidomukti atraksi utamanya adalah objek wisata pemandian, ternyata atraksi lain tetap tersedia dan bahkan lebih menarik.Pengelola wisata telah menyediakan enam wahana khusus yang bisa memacu adrenalin.

Yang pertama adalah Marine Bridge. Wahana ini menuntut pengunjung untuk menyeimbangan diri saat melintasi jembatan penyeberangan. Sedangkan Highest Triangle adalah perpaduan dari tiga jenis atraksi; Magic Box, Badui Bridge, dan Stick Bridge. Lalu ada Flying Fox Lembah dan Flying Fox Terusan yang mengantarkan pengunjung untuk menyusuri lintasan super menegangkan. Terakhir, ada lintasan offroad yang bisa dijelajahi dengan All-Terrain Vehicle.

Baca :   Candi Gedong Songo : Candi Agung di atas Bukit Ungaran
sewa mobil online