Museum Rekor-Dunia Indonesia Simpan Prestasi Membanggakan Indonesia

Museum Rekor-Dunia Indonesia Simpan Prestasi Membanggakan Indonesia

0
Museum MURI Semarang

Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) terletak di kawasan perindustrian Jamu Jago, Srondol, Semarang Selatan. Alamat tepatnya di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 275, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Museum ini menyimpan prestasi-prestasi yang ditorehkan di Indonesia.

sewa mobil online

Peresmian MURI dilakukan pada tanggal 27 Januari 1990, bertepatan dengan Tahun Baru Imlek 2541, oleh Menteri Koordinator Politik dan Keamanan Soedomo dan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Soepardjo Roestam. Gubernur Jawa Tengah, Ismail, dan Ketua Palang Merah Indonesia, Ibnu Sutowo, turut menyaksikan peresmian museum yang sebelumnya bernama Museum Rekor Indonesia itu.

Baca :   Bukit Gombel : Penuh Kisah Misteri, Disukai Muda-mudi

Nama Museum Rekor Indonesia diganti menjadi Museum Rekor-Dunia Indonesia pada tanggal 14 Agustur 2005. Sebabnya, rekor yang diciptakan di Indonesia juga ada yang menjadi rekor dunia. Penggantian nama ini diresmikan bersamaan dengan peresmian Galeri MURI yang terletak di kawasan wisata Candi Borobudur.

Pendiri MURI, Jaya Suprana, juga merupakan pemilik PT Jamu Jago. Jaya Suprana mendirikan MURI dengan tujuan untuk menegakkan pilar-pilar kebanggan nasional bangsa Indonesia. Sesuai slogan MURI, Menginspirasi putra-putri bangsa untuk menciptakan rekor-rekor dunia. Jaya Suprana ingin agar bangsa Indonesia mampu dan mau menghargai karsa dan karya bangsanya sendiri.

Baca :   Hutan Wisata Tinjomoyo : Pilihan Utama Wisata Alam Tengah Kota Semarang

Direktur MURI sejak awal tahun 2000, Aylawati Sarwono, berhasil menciptakan manajemen MURI yang lebih profesional. Melalui lembaga Institut Prestasi Nusantara, Aylawati memperjuangkan apa yang menjadi visi misinya selama menjadi Direktur MURI.

MURI telah mencatat lebih dari 1.200 rekor Indonesia dari awal berdiri sampai dengan Juli 2005. Rekor-rekor ini dibukukan dalam buku Rekor-rekor MURI yang penyusunan serta penerbitannya diprakarsai oleh Aylawati. Buku tersebut kini sudah mencapai volume kelima.

Baca :   Stasiun Kereta Api Terbesar Tertua di Indonesia, Stasiun Semarang Tawang

Pada tahun 2014, MURI membuka Galeri di Mall of Indonesia. Rekor-rekor Indonesia yang menjadi rekor dunia khusus ditampilkan di galeri tersebut.

Adapun koleksi-koleksi di MURI ada yang berbentuk fisik dan ada yang berbentuk dokumentasi pemecahan rekor. Foto-foto dokumentasi dipajang untuk pemecahan rekor yang berwujud event atau aktivitas.

sewa mobil online