Stasiun Kereta Api Terbesar Tertua di Indonesia, Stasiun Semarang Tawang

Stasiun Kereta Api Terbesar Tertua di Indonesia, Stasiun Semarang Tawang

0
Stasiun Tawang
Stasiun Tawang

Stasiun Semarang Tawang (SMT) adalah stasiun kereta api besar tertua di Indonesia. Sebenarnya, stasiun yang diresmikan pada tanggal 19 Juli 1868 oleh Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) ini bukan benar-benar stasiun kereta api kelas besar Tipe A di Indonesia, melainkan hanya kedua tertua. Stasiun yang paling tua adalah Stasiun Semarang Gudang (SMG). Namun, stasiun yang dibuka pada tahun 1867 tersebut sudah ditutup pada tahun 2008 lalu.

sewa mobil online

Stasiun Tawang terletak di Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Stasiun ini terletak pada ketinggian +2 meter. Namanya diambil dari nama kampung di lokasi tempat stasiun ini berada yaitu Kampung Tawangsari.

Baca :   Hutan Wisata Tinjomoyo : Pilihan Utama Wisata Alam Tengah Kota Semarang

SMT melayani perjalanan kereta api eksekutif, bisnis, dan ekonomi. Bangunan stasiun induk Kota Semarang ini memiliki nilai historis tinggi serta tidak banyak berubah sejak pertama kali diresmikan. Stasiun ini dibangun sebagai pengganti Stasiun Tambak Sari milik NIS yang pertama. Arsiteknya bernama J.P. de Bordes, orang Belanda. Gaya bangunannya mengambil dari gaya bangunan Belanda-Jawa dengan sentuhan romantisme.

Baca :   Kolam Renang Bersumber Air Pegunungan; Tirto Argo Siwarak

Bangunan Stasiun Tawang ini masih merupakan suatu kesatuan dengan Kawasan Kota Lama. Bahkan, Stasiun Tawang merupakan bangunan yang penting. Dahulu, ada sumbu visual yang menghubungkan antara stasiun dengan Gereja Protestan Blenduk. Selain SMT, bangunan kota lama yang terkenal adalah Gereja Blenduk, Gedung Marba, Gedung Marabunta, Gereja Gedangan, Taman Sri Gunting, Nilmij, dan De Spiegel.

Adapun lapangan di depan SMT, yang sekarang menjadi Folder, termasuk lahan yang mempunyai nilai historis tinggi. Saat ini, lapangan tersebut dimanfaatkan sebagai ruang terbuka dari Kota Lama. Masyarakat menggunakan lapangan tersebut untuk tempat upacara, pertandingan, olahraga, dsb.

Baca :   Museum Rekor-Dunia Indonesia Simpan Prestasi Membanggakan Indonesia

Hal unik dari SMT adalah perubahan ketinggian permukaan saat terjadi perubahan musim. Saat musim kemarau, Stasiun Tawang berketinggian 2m. Namun, saat musim penghujan, ketinggiannya turun hingga 0m atau sama dengan permukaan air laut. Penyebabnya, stasiun tersebut sering terkena air rob.SMT juga mengumandangkan lagu Gambang Semarang versi piano sebagai tanda kereta akan datang.

sewa mobil online