Kolam Renang Bersumber Air Pegunungan; Tirto Argo Siwarak

Kolam Renang Bersumber Air Pegunungan; Tirto Argo Siwarak

0

Mata air di Gunung Ungaran dimanfaatkan oleh warganya untuk membuat sebuah kolam renang umum. Nama tempat renang itu adalah Tirto Argo Siwarak. Kolam renang umum ini berada di Jalan Nyatyono, Desa Siwarak, Ungaran. Lokasi tersebut berjarak sekitar dua kilometer dari Pasar Gonoharjo atau 23 kilomter dari pusat Kota Semarang.

sewa mobil online

Kolam renang Tirto Argo diresmikan pada tanggal 8 Agustus 1968. Kolam renang ini dibuka untuk umum mulai pukul 06.00 hingga 17.00. Harga tiket masuk medio 2015 sebesar Rp10.000,00 per orang; cukup murah bila dibandingkan dengan tarif masuk kolam renang umum serupa.

Baca :   Museum Mandala Bhakti : Lokasi Dokumentasi Perjuangan TNI

Kolam renang di Tirto Argo ada dua buah. Kolam renang pertama dalamnya 30 cm. Kolam dangkal ini diperuntukkan bagi anak-anak. Adapun permainan yang ada di kolam renang ini berbentuk ember guyur besar, dua buah perosotoan mini, serta dua buah pistol air.

Ada dua macam perosotan di Tirto Argo yang memiliki tantangan berbeda. Perosotan pertama jalurnya lurus, pendek, namun memiliki tiga gundukan. Perosotan kedua lebih tinggi dibandingkan dengan perosotan pertama. Bentuk perosotan kedua adalah spiral dua putaran.

Sementara itu, kolam renang kedua dibagi menjadi beberapa zona. Bagian pertama atau bisa disebut Zona 1 berkedalaman 1 meter; Zona 2 berkedalaan 1,5 meter; dan Zona 3 berkedalaman 2,5 meter. Tiap-tiap zona dibatasi dengan tiang beton. Kedalaman tiap-tiap kolam tercantum di tiang beton pembatas. Fasilitas lengkap seperti MCK termasuk tempat mandi bilas terbuka maupun tertutup serta kamar ganti tersedia. Tempat persewaan peralatan renang termasuk ban apung tidak absen di Tirto Argo Siwarak ini.

Baca :   Taman Unyil Ungaran : Taman Isi Miniatur Jalan Raya

Warga Ungaran dan Semarang menjadikan Tirto Argo Siwarak sebagai kolam renang favorit karena beberapa hal. Pertama, suasana di sekitar kolam renang sangat sejuk. Kedua, lokasinya relatif dekat dengan pusat kota. Dan yang terakhir, kolam renang di tempat tersebut dinilai paling bersih dan paling rendah kaporit jika dibandingkan dengan kolam renang di tengah kota. Tentu saja, hal tersebut dikarenakan sumber mata air kolam renang ini diambil langsung dari pegunungan.

Baca :   Kebun Binatang Mangkang : Tempat Konservasi Satwa Berkonsep Edukatif

Kolam Renang Argo Tirto Siwarak

Suasana sejuk di sekitar kolam tidak terlepas dari banyaknya pohon cemara yang tumbuh di sekitar lokasi. Dengan taman yang cukup luas, daerah sekitar kolam cocok dipakai untuk piknik. Anak-anak juga bisa mendapatkan hiburan dari wahana bermain anak-anak.

sewa mobil online