Gedung Kesenian Jakarta, Tempat Seniman Indonesia Berkreasi

Gedung Kesenian Jakarta, Tempat Seniman Indonesia Berkreasi

0
Koleksi-koleksi Gedung Kesenian Jakarta (foto: Tribunnews)

Gedung Kesenian Jakarta terletak di Jalan Gedung Kesenian No. 1 Jakarta Pusat. Bangunan tua peninggalan pemerintah kolonial Belanda ini adalah tempat para seniman-seniman dari seluruh Nusantara mempertunjukkan hasil kreasi seni masing-masing. Adapun seni yang dipertontonkan di gedung ini sangat bervariasi mulai dari drama, teater, hingga film.

sewa mobil online

Gedung tersebut adalah hasil pemikiran Gubernur Jenderal Belanda bernama Daendels. Namun, realisasi pembangunannya baru dilakukan oleh Gubernur Jenderal Inggris, Thomas Stamford Raffles, pada tahun 1814. Arsitek para perwira Jeni VOC, Mayor Schultze, merancang bangunan GKJ bergaya neo-renaissance ini pada tahun 1821.

Gedung Kesenian Jakarta (foto: Wikipedia)
Gedung Kesenian Jakarta (foto: Wikipedia)

Gedung tersebut dibangun di daerah yang dinamakan Weltevreden. Daerah itu kini terletak di sekitar Sawah Besar, Jakarta Pusat. Nama Weltevreden dalam bahasa Belanda berarti dalam suasana tenang dan puas. GKJ sendiri dulunya diberi nama Theater Schouwburg Weltevreden. Nama lain gedung ini adalah Gedung Komedi.

Baca :   Museum Satriamandala TNI : Bekas Rumah Ratna Sari Dewi Soekarno yang Menyimpan Peralatan Perang Indonesia

Di sela-sela penggunaan gedung sebagai wadah para seniman berkreasi, gedung ini juga pernah digunakan sebagai tempat menyelenggarakan Kongres Pemoeda pertama (1926), tempat Ir. Soekarno meresmikan Komite Nasional Indonesia Pusat (29 Agustus 1945), sebagai tempat Fakultas Ekonomi dan Hukum Universitas Indonesia (1951) dan Akademi Teater Nasional Indonesia (1957-1961).

Baru pada tahun 1968, gedung ini digunakan sebagai tempat bioskop Diana. Setahun kemudian, gedung ini digunakan sebagai tempat bioskop City Theater berada.

Baca :   Menyimak Sejarah Jakarta Beserta Peninggalan Bersejarah Kota Tersebut

Akhirnya, dengan Surat Keputusan Gubernur Kepala DKI Jakarta No. 24 tahun 1984, gedung ini dikembalikan fungsinya sebagai Gedung Kesenian. Sesudah pengembalian fungsi in, gedung direnovasi pada tahun 1987. Usai direnovasi, bangunan tersebut dikenal dengan nama Gedung Kesenian Jakarta.

GKJ memiliki fasilitas berupa ruang pertunjukan berukuran 24 x 17,5 meter; CCTV di setiap ruangan; TV monitor; peralatan tata cahaya; ruang foyer berukuran 5,80 x 24 meter; dan electric billboard untuk keperluan publikasi.

Dewasa ini, agenda utama GKJ adalah bekerja sama dengan negara dan pusat kebudayaan asing, lembaga, organisasi, dan grup kesenian tradisional; menyelenggarakan festival seni pertunjukan; dan membuat dokumentasi audio visual.

Baca :   Kebun Binatang Ragunan, Destinasi Wisata untuk Rakyat

Gedung Kesenian Jakarta

Alamat : Jalan Gedung Kesenian No. 1 Jakarta Pusat

Telepon : (021)3808283-3441892

Fax : (021)3810924


Sewa mobil Jakarta sekarang jadi mudah dengan aplikasi DOcar Solusi Sewa Mobil Pilihan Anda. Unduh aplikasi DOcar tanpa dipungut biaya alias GRATIS di Google PlayStore. Pastikan Anda membagikan artikel ini ke keluarga dan teman-teman Anda jika Anda mendapati artikel ini menambah wawasan umum Anda; karena ilmu tidak akan habis walau dibagi.


sewa mobil online