Museum Tekstil Jakarta Punya Misi Melestarikan Budaya Tekstil Tradisional

Museum Tekstil Jakarta Punya Misi Melestarikan Budaya Tekstil Tradisional

0
Museum Tekstil Jakarta (foto: desainkainprinting.com)
Museum Tekstil Jakarta (foto: desainkainprinting.com)

Museum Tekstil Jakarta berada di Jl. Aipda Ks Tubun No.2-4, Tanah Abang, Petamburan, RT.6/RW.1, Kota Bambu Sel., Palmerah, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 10260. Museum ini adalah sebuah institusi budaya non-profit dengan misi menjamin konservasi tekstil tradisional.

sewa mobil online

Tekstil senantiasa menjadi bagian penting dari kehidupan Indonesia, baik sebagai unsur untuk gaun dan garmen, maupun sebagai objek ritual dan seremonial. Tekstil merupakan aspek yang sangat kaya budaya Indonesia. Tekstil juga merupakan bukti dari tingkat keahlian teknologi dan keterampilan artistik para pembuatnya. Selain hal-hal tersebut, tekstil juga menyediakan jendela untuk memahami sejarah lokal.

Baca :   Melihat Keperkasaan Maritim Indonesia Sepanjang Masa di Museum Bahari
Tampak Muka Museum Tekstil Jakarta (foto: museumtekstiljakarta.com)
Tampak Muka Museum Tekstil Jakarta (foto: museumtekstiljakarta.com)

Museum Tekstil Jakarta selalu berusaha untuk menginformasikan dan mendidik masyarakat melalui pameran, seminar, lokakarya penelitian, dan publikasi. Hal ini dilakukan semata-mata untuk meningkatkan apresiasi masyarakat kepada tradisi tekstil Indonesia serta mendorong mereka untuk berpartisipasi melestarikan warisan nasional ini.

Bangunan yang berdiri pada awal abad ke-19 itu dulunya adalah sebuah rumah pribadi seorang warga negara Perancis. Seorang konsultan asal Turki untuk Batavia, Abdul Aziz Al Mussawi al Musa Khadim, membeli rumah tersebut. Kemudian, pada tahun 1942, bangunan ini dijual kembali kepada seseorang bernama Karel Cristian Cruq.

Baca :   Kepulauan Seribu, Surga Seribu Wisata Jakarta

Sepanjang berdirinya, bangunan tersebut telah beberapa kali digunakan sebagai markas. Pada masa perjuangan kemerdekaan, Barisan Keamanan Rakyat (BKR) menjadikan bangunan ini sebagai salah satu markas mereka. Lalu, pada tahun 1947, bangunan ini disewakan kepada Departemen Sosial oleh Lie Sion Phin. Depsos menggunakannnya sebagai pantai wreda. Pada 28 Juni 1978, bangunan ini diambil alih oleh pemerintah. Ibu Negara Tien Soeharto meresmikan bangunan tersebut sebagai Museum Tekstil.

Ruang Pameran di Museum Tekstil Jakarta (foto: museumtekstiljakarta.com)
Ruang Pameran di Museum Tekstil Jakarta (foto: museumtekstiljakarta.com)

Di dalam museum tersebut, kerajinan tekstil dari seluruh penjuru Nusantara dipamerkan misalnya Batik Jawa, Ulos Batak, dan Ikat Toraja. Selain memamerkan kerajinan berupa kain, museum ini juga menyimpan alat-alat menenun dan produksi tekstil lainnya.

Baca :   Menyimak Sejarah Jakarta Beserta Peninggalan Bersejarah Kota Tersebut

Sewa mobil di Jakarta sekarang jadi mudah dengan aplikasi DOcar – Solusi Sewa Mobil Pilihan Anda. Unduh aplikasi DOcar tanpa dipungut biaya alias GRATIS di Google PlayStore. Pastikan Anda membagikan artikel ini ke keluarga dan teman-teman Anda jika Anda mendapati artikel ini menambah wawasan umum Anda; karena ilmu tidak akan habis walau dibagi.


sewa mobil online