Daftar 30 Destinasi Wisata Palembang Terbaik

Daftar 30 Destinasi Wisata Palembang Terbaik

0
Masjid Cheng Ho Palembang
Masjid Cheng Ho Palembang

Berikut ini deskripsi singkat mengenai Kota Palembang, tempat wisata di Palembang, objek wisata di Palembang, hotel murah di Palembang, kuliner Palembang, dan tempat menarik di Palembang.

sewa mobil online

Tentang Kota Palembang

Palembang adalah ibu kota Provinsi Sumatra Selatan. Kota berjuluk Venice of the East dan Bumi Sriwijaya ini terdiri dari 18 kecamatan dan 107 kelurahan. Sebagai salah satu kota terpenting di Pulau Sumatra, jumlah penduduk kota ini cukup banyak hingga mencapai hampir dua juta penduduk.

Kota ini ditetapkan sebagai kota tertua di Indonesia berdasarkan analisis Prasasti Kedukan Bukit. Prasasti tersebut ditemukan di Bukti Siguntang yang berada di barat Kota Palembang. Menurut prasasti tersebut, ada sebuah kota (wanua) yang dibentuk para tanggal 16 Juni 668. Dalam perkembangannya, wilayah Kota Palembang pernah menjadi pusat Kerajaan Sriwijaya, terbesar di Nusantara sebelum Kerajaam Majapahit.

Dari segi pariwisata, Kota Palembang memiliki cukup banyak jenis dan destinasi wisata. Jenis-jenis wisata tersebut termasuk wisata alam, wisata religi, dan wisata sejarah.

Berikut ini daftar 30 destinasi wisata Kota Palembang terbaik yang harus dikunjungi:

  1. Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya
  2. Benteng Kuto Besak
  3. Museum Sultan Badaruddin II
  4. Masjid Cheng Ho
  5. Air Terjun Bidadari
  6. Gunung Dempo
  7. Bukit Seguntang
  8. Pulau Kemaro
  9. Monumen Perjuangan Rakyat Palembang
  10. Air Terjun Lematang Indah
  11. Kambang Iwak Family Park
  12. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I
  13. Jembatan Ampera
  14. Curup Maung
  15. Hutan Punti Kayu
  16. Arung Jeram Sungai Manna
  17. Wisata Danau Ranau
  18. Pusat Kerajinan Songket
  19. Fantasy Island
  20. The Amanzi Waterpark CitraGrand City
  21. Kawah Tengkurep
  22. Kampung Kapitan
  23. Rumah Limas
  24. Museum Tekstil
  25. Museum Negeri Balaputradewa
  26. Candi Bumi Ayu
  27. Palembang Icon
  28. Jakabaring Sport Complex
  29. Al-Qur’an Al-Akbar
  30. Pasar Cinde

Silakan klik nama tempat wisata untuk melihat deskripsi tempat wisata tersebut atau bacalah deskripsi singkat masing-masing tempat wisata di bawah ini:

  1. Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya
Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya
Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya

Dipercaya sebagai sisa-sisa taman Kerajaan Sriwijaya, peninggalan bersejarah ini berlokasi di Jalan Syakhyakirti, Kota Palembang, Provinsi Sumatra Selatan. Tepatnya, di tepi utara Sungai Musi. Taman ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 22 Desember 1994 setelah sebelumnya dipugar dan direnovasi. Taman ini mencakup situs-situs arkeologi yang berasal dari abad ketujuh hingga abad kelima belas Masehi.

  1. Benteng Kuto Besak
Benteng Kuto Besak
Benteng Kuto Besak

Sebagai Pusat Kesultanan Palembang pada masa jayanya, Benteng Kuto Besak merefleksikan masyarakat multi-etnis yang ada di kawasan tersebut. Kepala proyek benteng yang dibangun pada tahun 1780 ini adalah seseorang keturunan Tionghoa. Pengerjaan benteng dilakukan bersama-sama antara penduduk asli Palembang dan komunitas Tionghoa yang menjadi warga daerah tersebut.

  1. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II
Museum Sultan Mahmud Badaruddin II
Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Bekas Keraton Kuto Kecil ini mencoba menghadirkan kembali kejayaan era Sriwijaya melalui koleksi benda-benda bersejarahnya. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II berlamatkan di Jalan Sultan Mahmud Badaruddin, 19 Ilir, Bukit Kecil, Kota Palembang, Provinsi Sumatra Selatan. Bangunan museum ini sempat dipergunakan untuk kantor pemerintah Hindia-Belanda dan dikuasi oleh Jepang.

  1. Masjid Cheng Ho Sriwijaya
Masjid Cheng Ho Sriwijaya
Masjid Cheng Ho Sriwijaya

Masjid Cheng Ho di Palembang, Sumatra Selatan, ini mempunyai arsitektur dan fungsi unik. Gaya Tionghoa, Arab, dan asli Palembang tercermin dalam bentuk menara di kedua sisi masjid. Menara tersebut biasanya ditemukan di kelenteng orang Tionghoa bukan di masjid. Warna-warna menara, merah dan hijau giok, juga menggambarkan kekhasan orang Tionghoa. Baca Selengkapnya..

  1. Air Terjun Bidadari
Baca :   Danau Ranau : Suguhkan Wisata Air Danau Terbesar Kedua di Pulau Sumatra
Air Terjun Bidadari
Air Terjun Bidadari

Air Terjun Ayek Adem atau lebih dikenal dengan nama Air Terjun Bidadari terletak di Desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatra Selatan. Air terjun ini mempunyai lebar atas 10 meter, lebar bawah 15 meter, dan tinggi 30 meter. Para wisatawan berkunjung ke destinasi wisata ini pada musim kemarau untuk mengantisipasi pemandangan air terjun tertutup kabut yang kebanyakan muncul pada musim penghujan.

  1. Gunung Dempo
Gunung Dempo Palembang
Gunung Dempo Palembang

Salah satu puncak tertinggi Pegunungan Bukit Barisan, Gunung Dempo, merupakan destinasi wisata alam di Palembang yang cukup terkenal. Puncak Gunung Dempo memiliki ketinggian 3.159 meter di atas permukaan laut. Gunung ini terkenal sebagai daerah penghasil kopi robusta. Penyelenggaraan cabang olah raga paralayang di PON ke-XVI dilaksanakan di gunung berapi aktif ini.

  1. Bukit Seguntang
Bukit Siguntang
Bukit Siguntang

Bukit Seguntang dipercaya sebagai tempat peristirahatan terakhir tujuh keturunan Kerajaan Sriwijaya. Bukit setinggi 30 meter ini berada di Jalan Srijaya Negara, Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I, Kota Palembang, Provinsi Sumatra Selatan, sekitar empat kilometer dari tengah kota. Bukit ini adalah lokasi teraman jika seandainya terjadi banjir di Kota Palembang. Selain menjadi makam leluhur, bukit ini juga menjadi tempat penemuan arca-arca agama Buddha.

  1. Pulau Kemaro
Pulau Kemaro
Pulau Kemaro

Sebuah delta kecil di Sungai Musi ini disebut Pulau Kemaro oleh masyarakat. Letaknya sekitar 40 kilometer dari pusat Kota Palembang. Pulau ini terkenal dengan legenda kisah cinta Siti Fatimah dan Tan Bun Ah. Dua tempat ibadah yaitu kelenteng Hok Tjing Rio dan Kuil Buddha berdiri di tengah-tengah pulau tersebut.

  1. Monumen Perjuangan Rakyat Kota Palembang
Monpera
Monpera

Monpera alias Monumen Perjuangan Rakyat Kota Palembang dibangun untuk mengenang para pahlawan dalam pertempuran Lima Hari Lima Malam di Palembang. Gedung ini diresmikan oleh Menkokesra Alamsyah Ratu Perwira Negara pada tanggal 23 Februari 1988. Monumen delapan lantai ini menyimpan koleksi semasa perang kemerdekaan.

  1. Air Terjun Lematang Indah Pagar Alam
Air Terjun Lematang Indah
Air Terjun Lematang Indah

Air terjun berketinggian 40 meter di Kecamtana Dempo Utara, Kota Pagar Alam, Palembang, adalah air terjun yang paling dikenal masyarakat setempat. Air terjun ini bernama Lematang Indah. Sebagai destinasi wisata andalan Kota Pagar Alam, lokasi air terjun cukup strategis yakni terlihat dari jalan raya. Di sekitar air terjun ini juga terdapat banyak curugh/air terjun yang menarik untuk dikunjungi.

  1. Kambang Iwak Family Park
Kambang Iwak Family Park
Kambang Iwak Family Park

Bekas taman tempat rekreasi warga Belanda di Jalan Ki Ranggo Wirosantiko, Talang Semut, Bukit Kecil, Kota Palembang, Provinsi Sumatra Selatan, ini kini dijadikan tempat wisata taman kota. Pada tahun 2008, Palembang mendapatkan gelar Asean Environtment Sustainable City juga berkat kebersihan taman kota ini. Destinasi wisata ini cocok untuk dikunjungi keluarga.

  1. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I
Masjid Agung Sultan Badaruddin I
Masjid Agung Sultan Badaruddin I

Masjid Agung Palembang atau disebut juga Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I adalah masjid terbesar di Kota Pempek tersebut. Dibangun tahun 1738-1748 M, masjid ini memiliki gaya arsitektur yang mencerminkan tiga budaya sekaligus; Indonesia, Eropa, dan Tiongkok.

  1. Jembatan Ampera
Jembatan Ampera
Jembatan Ampera

Ikon Kota Palembang, Jembatan Ampera, dibangun pada bulan April 1962. Jembatan ini menghubungkan Seberang Ulu dan Seberang Ilir. Jembatan ini adalah salah satu objek wisata paling terkenal di Palembang. Wisatawan menyukai pemandangan sungai, jalan, dan tata lampunya. Di hari-hari tertentu, diadakan festival air di Sungai Musi.

  1. Curup Maung
Baca :   Wisata Air di Fantasy Island Palembang
Curup Maung
Curup Maung

Air terjun di Desa Rinduhati, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatra Selatan ini bernama Curup Maung. Air terjun tersebut baru ditemukan pada tahun 2014 dan sempat menjadi topik terpopuler dunia.

  1. Hutan Wisata Punti Kayu
Hutan Wisata Punti Kayu
Hutan Wisata Punti Kayu

Taman Wisata Alam Punti Kayu adalah satu-satunya hutan yang terletak di tengah-tengah Kota Palembang. Hutan ini mempunyai luas sekitar 40 hektare dan tercatat pula sebagai hutan konservasi. Pinus, talog, pulai, akasia, mahoni, musang, biawak, tupai, kera ekor panjang, dan beruk adalah beberapa flora dan fauna yang bisa ditemukan di hutan kota ini.

  1. Sungai Ulu Manna
Sungai Ulu Manna
Sungai Ulu Manna

Ingin menjajal arung jeram di Palembang? Datanglah ke Sungai Ulu Manna di Desa Air Tenam. Lintasan arung jeram di sungai tersebut berjarak tempuh 10 kilometer. Komunitas arung jeram profesional mengelola wisata air di tempat tersebut sehingga wisatawan terjamin keamanannya. Jika ingin merasakan kehidupan di tempat tersebut, para wisatawan bisa memilih untuk menginap di rumah penduduk.

  1. Danau Ranau
Danau Ranau
Danau Ranau

Danau Ranau di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan adalah danau terbesar kedua di Pulau Sumatra. Di tengah-tengah danau, terdapat sebuah pulau bernama Pulau Marisa. Wisatawan yang berkunjung ke danau dan pulau tersebut biasanya terkesan dengan pemandangan pegunungan dan air terjun. Pemandian air panas mengandung belerang di daerah pegunungan juga adalah destinasi wisata yang cukup ramai.

  1. Pusat Kerajinan Songket Tanggo Buntung
Pusat Kerajinan Songket Tanggo Buntung
Pusat Kerajinan Songket Tanggo Buntung

Songket adalah jenis kain tenunan tradisional di daerah Melayu dan Minangkabau. Di Palembang, wisatawan dapat menemukan pusat galeri kerajinan songket di Tanggo Buntung. Sentra songket ini telah ada sejak sekitar abad ke-18. Harga satu kain songket bervariasi tergantung kerumitan pola dan waktu pengerjaan kain. Harganya bisa berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Pembeli dipersilakan untuk menawar harga kain tersebut hingga terjadi kesepakatan antara pihak penjual dan pembeli.

  1. Fantasy Island Palembang
Fantasy Island Palembang
Fantasy Island Palembang

Wahana permainan air di Jalan Prameswara, Kelurahan Karya Jaya, Kecamatan Kertapati, Kota Palembang ini bernama Fantasy Island. Wahana yang ada di tempat tersebut aman bagi anak-anak.

  1. The Amanzi Waterpark CitraGrand City
The Amanzi Waterpark CitraGrand City
The Amanzi Waterpark CitraGrand City

Berdiri di lahan seluas 3,7 hektare, The Amanzi Waterpark CitraGrand City dianggap sebagai salah satu ikon wisata terbaik di Kota Palembang. Ada total tujuh wahana besar di Amanzi Waterpark yang menawarkan bermacam-macam permainan. Untuk membayar tiket masuk wahana, pengunjung bisa menggunakan Smart Card yang modern dan canggih.

  1. Kawah Tengkurep
Kawah Tengkurep
Kawah Tengkurep

Tempat wisata religi Kawah Tengkurep adalah makam raja-raja Kesultanan Palembang. Kompleks pemakaman ini dibangun bersamaan dengan Masjid Agung Palembang tahun 1728. Luas tempat ini adalah sekitar satu hektare dan terdiri dari empat cungkup.

  1. Kampung Kapitan
Kampung Kapitan
Kampung Kapitan

Destinasi wisata sejarah Kampung Kapitan hanya berjarak sekitar 10 menit perjalanan dari pusat Kota Palembang. Kampung ini adalah kampung pertama yang dihuni warga keturunan Tionghoa di kota tersebut. Bangunan-bangunan rumah di kampung tersebut memiliki gaya arsitektur unik yakni akulturasi budaya lokal dan budaya Tionghoa.

  1. Rumah Limas
Rumah Limas
Rumah Limas

Rumah tradisional masyarakat Sumatra Selatan disebut Rumah Limas. Rumah tersebut memiliki atap berbentuk limas, lantai bertingkat-tingkat, dan luasnya sangat lapang. Rumah ini sudah jarang ditemukan di daerah tersebut karena lahan yang semakin sempit serta material rumah yang semakin langka.

  1. Museum Tekstil Palembang
Baca :   Masjid Cheng Ho Sriwijaya Cerminan Multikulturalisme di Palembang
Museum Tekstil Palembang
Museum Tekstil Palembang

Peninggalan sejarah pakaian dan tekstil bisa disaksikan di Museum Tekstil Palembang. Museum tersebut berada di sebuah bekas gedung Belanda di Jalan Merdeka No. 9, Talang Semut, Bukit Kecil, Kota Palembang, Provinsi Sumatra Selatan.

  1. Museum Negeri Balaputradewa
Museum Balaputeradewa
Museum Balaputeradewa

Museum Negeri Balaputradewa atau disebut juga sebagai Museum Negeri Provinsi Sumatra Selatan diresmikan pada tanggal 5 November 1984. Museum ini menyimpan ribuan benda bersejarah terkait dengan Palembang. Adapun benda yang disimpan antara lain arca, kerajinan tembikar, manik-manik, songket, dan kerajinan seni ukir.

  1. Candi Bumiayu
Candi Bumiayu
Candi Bumiayu

Situs peninggalan agama Hindu di Desa Bumi Ayu ini adalah satu-satunya kompleks percandian di Sumatra Selatan. Situs ini ditemukan oleh E. P. Tombrink pada tahun 1864. Catatan A. J. Knapp di tahun 1902 menyebutkan bahwa kompleks tersebut adalah bekas istana Kerajaan Gedebong Undang. Namun, kawasan tersebut ditinggalkan penghuninya karena semakin kuatnya pengaruh Islam sekitar abad ke-16.

  1. Palembang Icon
Palembang Icon
Palembang Icon

Lifestyle Mall bertajuk Palembang Icon ini berada di Jalan POM IX No. 1, Kelurahan Lorok Pakjo, Kecamatan Ilir Barat 1, Kota Palembang. Mal yang dikelola oleh Lippo Group ini berisi ratusan tenant lokal dan internasional. Selain kelengkapan produk dan jasa, Palembang Icon juga menawarkan pemandangan danau yang pastinya menawarkan hal berbeda dari yang lain.

  1. Jakabaring Sports Center
Jakabaring Sports Center
Jakabaring Sports Center

Jakabaring dulunya adalah daerah tertinggal dan rawan kejahatan. Namun, kini daerah tersebut tumbuh menjadi pusat olahraga terbaik di Sumatra Selatan. Di sinilah, berbagai pusat olahraga termasuk Stadion Gelora Sriwijaya berada. Kompleks seluas 325 hektare tersebut memiliki 13 fasilitas utama yang kerap dimanfaatkan sebagai tempat penyelenggaraan acara olahraga lokal, nasional, maupun internasional.

  1. Al Quran Al-Akbar
Al-Quran Al-Akbar
Al-Quran Al-Akbar

Al Quran terbesar di dunia ternyata ada di Pondok Pesantren Al Ihsaniyah Gandung, Kota Palembang. Tiap lembaran Al Quran Al-Akbar berukuran 177 x 140 sentimeter. Jumlah potongannya adalah 315 potongan papan tembesu. Destinasi wisata religi ini sudah terkenal seantero dunia.

  1. Pasar Cinde
Pasar Cinde Palembang
Pasar Cinde Palembang

Salah satu tengara alias landmark terkenal di Kota Palembang adalah Pasar Cinde. Pasar yang dibangun pada tahun 1957 dan selesai tahun 1958 ini memiliki arsitektur yang termasuk canggih pada zamannya. Konstruksi bangunannya dirancang sedemikian rupa sehingga tidak memerluka AC atau penerangan agar tetap sejuk dan terang.

Silakan akses kategori berikut untuk rekomendasi hotel murah di Palembang.

Jika Anda membutuhkan transportasi selama berkunjung ke tempat-tempat tersebut, sewalah mobil ke rental mobil DOcar di Palembang. Sewa mobil bisa dilakukan dari aplikasi Android yang tersedia gratis di Google Play atau situs docar.co.id. Proses sewa mudah, cepat, dan tepat tanpa ribet.

DOcar – Solusi Sewa Mobil Pilihan Anda


Sewa mobil di Palembang sekarang jadi mudah dengan aplikasi DOcar – Solusi Sewa Mobil Pilihan Anda. Unduh aplikasi DOcar tanpa dipungut biaya alias GRATIS di Google PlayStore. Pastikan Anda membagikan artikel ini ke keluarga dan teman-teman Anda jika Anda mendapati artikel ini menambah wawasan umum Anda; karena ilmu tidak akan habis walau dibagi.


sewa mobil online