Kambang Iwak Family Park : Bekas Taman Raksasa Zaman Belanda

Kambang Iwak Family Park : Bekas Taman Raksasa Zaman Belanda

0

Fakta Cepat Mengenai Kambang Iwak Family Park:

sewa mobil online
  1. Dulunya merupakan taman rekreasi warga Belanda
  2. Dipugar kembali dalam rangka PON 2004
  3. Merupakan tempat berolahraga, bermain, dan menikmati hiburan

Selayang Pandang

Kambang Iwak Family Park (KIF) sebenarnya adalah bekas taman tempat rekreasi warga Belanda yang tinggal di sekitar tempat tersebut. Saat ini, alamat lokasi tersebut adalah di Jalan Ki Ranggo Wirosantiko, Talang Semut, Bukit Kecil, Kota Palembang, Provinsi Sumatra Selatan 30121. Tempat ini juga dikenal dengan nama Taman Bank Sumsel Babel Kambang Iwak Besak.

Sisa-sisa peninggalan zaman pendudukan Belanda masih bisa disaksikan di sekitar Kambang Iwak Family Park. Rumah-rumah di sekitar lokasi tersebut bergaya Belanda dan masih terlihat kokoh berdiri. Rumah Dinas Wali Kota Palembang pun adalah salah satu dari banyak rumah bergaya Belanda di lokasi ini.

Baca :   Danau Ranau : Suguhkan Wisata Air Danau Terbesar Kedua di Pulau Sumatra

Sempat Tidak Terurus

Pada mulanya, Kambang Iwak Family Park dirancang sedemikian rupa sehingga bisa menyamai atau mengungguli Kota Taman seperti Bandung. Memang, sejak zaman Hindia Belanda, Bandung sudah terkenal sebagai kota taman. Oleh karena itu, pada tahun 1900, Belanda menanam pohon-pohon di kawasan taman ini agar lingkungan menjadi asri.

Saat Belanda keluar dari Indonesia, yaitu pada saat kemerdekaan Indonesia tahun 1945, keasrian Kambang Iwak Family Park justru memudar. Bahkan, lokasi ini sempat tidak terurus. Pemerintah tidak menaruh perhatian terhadap keasrian taman ini lagi sehingga kondisinya memprihatinkan terutama di era 80-90an. Pada tahun-tahun itu, kawasan taman digunakan sebagai tempat prostitusi.

Baca :   Air Terjun Bidadari Palembang : Konon Jadi Tempat Mandi Para Bidadari

Baru pada awal tahun 2000, Kambang Iwak Family Park mendapatkan revitalisasi sebagai salah satu persiapan PON 2004 Palembang. Pemerintah menata taman ini sehingga menjadi tempat wisata yang modern, mewah, bersih, dan asri.

Sediakan Fasilitas Olah Raga dan Hiburan

Pemulihan citra Kambang Iwak Family Park sebagai taman yang ramah anak-anak dan keluarga membuat jumlah pengunjung bertambah. Pihak pengelola pun menambahkan berbagai sarana dan prasarana untuk mengakomodasi para pengunjung.

Adapun fasilitas yang ditambahkan antara lain lintasan jogging, perahu, sepeda air, dan kursi duduk. Taman sudah dilengkapi lampu warna-warni sehingga kawasan taman tetap terang saat malam tiba. Warna lampu tersebut juga dibuat sedemikian rupa sehingga pengunjung tertarik.

Baca :   Hutan Wisata Punti Kayu : Paru-paru Kota Palembang

Kini, Kambang Iwak Family Park dikenal sebagai taman kota terbaik se-Indonesia. Taman ini juga merupakan salah satu yang mengantar Palembang menyabet gelar Asean Environment Sustainable City 2008. Penghargaan tersebut diberikan untuk kota terbersih se-ASEAN.


Sewa mobil di Palembang sekarang jadi mudah dengan aplikasi DOcar – Solusi Sewa Mobil Pilihan Anda. Unduh aplikasi DOcar tanpa dipungut biaya alias GRATIS di Google PlayStore. Pastikan Anda membagikan artikel ini ke keluarga dan teman-teman Anda jika Anda mendapati artikel ini menambah wawasan umum Anda; karena ilmu tidak akan habis walau dibagi.


sewa mobil online