Danau Ranau : Suguhkan Wisata Air Danau Terbesar Kedua di Pulau Sumatra

Danau Ranau : Suguhkan Wisata Air Danau Terbesar Kedua di Pulau Sumatra

0

Fakta Cepat Mengenai Danau Ranau:

sewa mobil online
  1. Merupakan danau terbesar kedua di Pulau Sumatra setelah Danau Toba
  2. Diresmikan sebagai tempat wisata baru pada tahun 2007
  3. Ada gunung, air terjun, dan pulau di sekitar danau yang juga jadi objek wisata

Selayang Pandang

Danau Ranau terletak di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Provinsi Sumatra Selatan. Kawasan danau sebagian besar masuk daerah administratif Kampung Lombok, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung. Danau ini luasnya 125,9 kilometer persegi dan merupakan danau terbesar kedua setelah Danau Toba di Provinsi Sumatra Utara. Sebagai informasi, danau terbesar di Sumatra itu luasnya 1.130 kilometer persegi.

Baca :   Masjid Cheng Ho Sriwijaya Cerminan Multikulturalisme di Palembang

Suatu ketika, letusan vulkanik dari gunung berapi mengakibatkan gempa. Gempa tersebut membuat cekungan besar dan dialiri air sungai yang sebelumnya mengalir di kaki gunung. Lambat laun, cekungan besar tadi menjadi sebuah danau.

Danau Ranau dan Spot Wisata di Sekitarnya

Asal muasal nama Ranau adalah dari sebutan warga terhadap tetumbuhan semak di sekitar danau. Adapun gunung api yang meletus tadi kini disebut Gunung Seminung. Gunung tersebut terletak di tepi Danau Ranau.

Jika di Danau Toba ada Pulau Samosir, di Danau Ranau ada sebuah pulau bernama Pulau Marisa. Pulau seluas tidak lebih dari satu hektare tersebut berada di tengah-tengah danau. Wisatawan bisa menumpang kapal nelayan untuk mengunjungi Pulau Marisa.

Baca :   Monpera (Monumen Perjuangan Rakyat Kota Palembang)

Selain pemandangan pepohonan kelapa, pengunjung bisa menikmati sensasi mandi air panas.  Kandungan belerang di air tersebut memang membuat baunya tercium menyengat. Akan tetapi, kandungan belerang termasuk baik untuk kesehatan kulit.

Pengunjung danau bisa berburu buah kersem dan buah alpukat di kebun-kebun penduduk. Petani alpukat dan kersem ada yang bersedia menjual hasil panen mereka langsung ke wisatawan. Daripada di pasar, harga buah yang dijual langsung dari petani tentu jauh lebih murah.

Untuk akomodasi, wisatawan bisa menginap di Wisma PT Pusri. Vila-vila tersebut bisa disewa dengan tarif antara Rp100.000,00 hingga Rp700.000,00 tergantung fasilitas dan waktu pesan (low season/high season).

Baca :   Gunung Dempo, Salah Satu Puncak Tertinggi Pegunungan Bukit Barisan

Rute ke Danau Ranau

Dengan menggunakan kendaraan pribadi, wisatawan bisa menempuh rute dari Kota Muaradua ke Danau Ranau. Jarak jika menempuh rute ini adalah sekitar 55 kilometer. Waktu tempuhnya sekitar 1,5 jam.


Sewa mobil di Palembang sekarang jadi mudah dengan aplikasi DOcar – Solusi Sewa Mobil Pilihan Anda. Unduh aplikasi DOcar tanpa dipungut biaya alias GRATIS di Google PlayStore. Pastikan Anda membagikan artikel ini ke keluarga dan teman-teman Anda jika Anda mendapati artikel ini menambah wawasan umum Anda; karena ilmu tidak akan habis walau dibagi.

sewa mobil online