Jakabaring Sports Complex : Kompleks Olahraga Tempat Penyelenggaraan Event Internasional

Jakabaring Sports Complex : Kompleks Olahraga Tempat Penyelenggaraan Event Internasional

0
Stadion Gelora Sriwijaya
Stadion Gelora Sriwijaya

Fakta Cepat Mengenai Jakabaring Sports Complex:

sewa mobil online
  1. Dibangun pertama kali untuk lokasi penyelenggaraan PON XVI 2004
  2. Mempunyai stadion terbesar ketiga di Indonesia, Stadion Gelora Sriwijaya
  3. Fasilitas baru terus dibangun untuk menyongsong Asian Games 2018

Selayang Pandang

Jakabaring Sports Complex (JSC) adalah sebuah kawasan di Palembang yang merupakan pusat dari berbagai fasilitas olahraga. Kompleks ini dibangun karena Pemerintah Kota Palembang membutuhkan stadion sebagai tempat penyelenggaraan PON XVI 2004.

Pemkot Palembang memilih Jakabaring, Seberang Ulu, sebuah daerah tertinggal di Palembang, sebagai tempat dengan harapan untuk mengurangi sisi negatif daerah tersebut. Sebelum niatan menjadikan Jakabaring sebagai Kota Olahraga diwujudkan, sebagian besar daerah tersebut adalah rawa-rawa. Daerahnya terkesan sepi, ditakuti karena rawan kejahatan dan mitos mistis. Dari pusat Kota Palembang, lokasinya sekitar lima kilometer jauhnya.

Baca :   MDP IT Superstore : Tempat Jual Beli Produk IT Terbesar se-Sumatra

Saat ini, kompleks seluas 325 hektare itu merupakan lokasi stadion terbesar ketiga di Indonesia yaitu Stadion Gelora Sriwijaya. Stadion terbesar berturut-turut adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno dan Stadion Utama Palaran. Stadion berkapasitas 40.000 kursi tersebut dibangun pada tahun 2001. Selain lapangan sepak bola, stadion tersebut juga memiliki lintasan lari dan fasilitas olahraga atletik lainnya.

Setelah Stadion Gelora Sriwijaya dan beberapa fasilitas tambahan lainnya selesai dibangun, kompleks ini diresmikan kembali oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada 11 November 2011. Pembangunan dan penambahan fasilitas itu dilakukan demi menyongsong SEA Games XXVI 2011. Pemkot Palembang terus membangun fasilitas untuk menyongsong event olahraga di masa datang, terutama Asian Games 2018.

Baca :   Palembang Icon : Lifestyle Mall Pertama di Kota Pempek

Jakabaring Sports Complex saat ini memiliki 13 fasilitas utama sbb.:

  1. Stadion Gelora Sriwijaya
  2. Stadion Atletik
  3. Stadion Akuatik
  4. Stadion Lapangan Tenis Bukit Asam
  5. Stadion Menembak
  6. Gedung GOR Ranau (Badminton)
  7. Gedung GOR Dempo (Senam)
  8. Arena Baseball & Softball
  9. Arena Panjat Dinding
  10. Arena Petanque
  11. Arena Sepatu Roda
  12. Arena Ski Air
  13. Arena Voli Pantai
Baca :   Jembatan Ampera, Jembatan Kebanggaan Warga Palembang

Serta dua fasilitas pendukung:

  1. Gedung Sports Science
  2. Wisma Atlet

Sebagai destinasi wisata, Kompleks Olahraga Jakabaring dinilai sangat indah dan menyenangkan. Kawasan ini cocok untuk segala usia dan segala aktivitas terutama berolahraga.


Sewa mobil di Palembang sekarang jadi mudah dengan aplikasi DOcar – Solusi Sewa Mobil Pilihan Anda. Unduh aplikasi DOcar tanpa dipungut biaya alias GRATIS di Google PlayStore. Pastikan Anda membagikan artikel ini ke keluarga dan teman-teman Anda jika Anda mendapati artikel ini menambah wawasan umum Anda; karena ilmu tidak akan habis walau dibagi.


 

sewa mobil online