Tips Hemat Ketika Berlibur di Luar Negeri

Tips Hemat Ketika Berlibur di Luar Negeri

0

Tips Hemat Ketika Berlibur di Luar Negeri

sewa mobil online

Liburan ke luar negeri adalah impian bagi sebagian besar orang. Namun, tak jarang mereka hanya menjadikan liburan ke luar negeri sebagai impian yang tak dapat diraih akibat banyaknya biaya yang harus dikumpulkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Meskipun demikian, Anda selalu bisa melakukan tips-tips berikut ini untuk mempersiapkan liburan hemat ke luar negeri. Simak lima tips berikut ini.

  1. Segera tukar uang Anda ke mata uang yang dipakai negara tersebut

Jika Anda sudah membuat estimasi biaya liburan ke luar negeri, segera tukarkan uang saku Anda dengan mata uang yang dipakai di negara tujuan liburan Anda. Dengan demikian, Anda bisa leluasa memilih tempat penukaran mata uang pilihan yang menawarkan kurs tukar lebih murah. Jika Anda menukarkan uang di tempat penukaran uang di bandara, kurs tukarnya bisa jadi jauh lebih mahal dengan tempat penukaran uang di luar bandara. Anda pun dirugikan.

  1. Berhati-hatilah setiap menggunakan kartu kredit
Baca :   Benda-benda Ini Perlu Dibawa Saat Bepergian

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan kartu kredit saat berbelanja di luar negeri, perhatikan beberapa poin penting berikut ini. Pilihlah kartu kredit yang tidak memungut biaya penukaran valuta asing, misalnya Mastercard. Selain itu, Mastercard menawarkan biaya tukar lebih rendah daripada kartu kredit Visa.

  1. Bertransaksilah dengan mata uang negara tujuan Anda

Saat berbelanja, lebih baik membayar dengan mata uang setempat ketimbang membayar dengan menggunakan mata uang umum seperti Dolar AS atau Poundsterling. Meskipun dengan menggunakan kedua mata uang tersebut Anda lebih mudah mengetahui banyak uang yang Anda habiskan, pada akhirnya Anda akan membayar lebih mahal. Hal ini karena bank lokal akan mengeluarkan biaya penukaran valuta asing yang biasanya lebih mahal daripada biasanya.

  1. Untuk menghindari pembekuan rekening, informasikan transaksi Anda ke bank
Baca :   Tips Darurat Mengatasi Koper Rusak Saat Liburan

Anda harus memberitahukan bahwa Anda menarik uang atau memakai kartu Anda di luar negeri agar tidak memicu alarm penipuan dari bank. Pasalnya, bank akan membekukan rekening jika alarm penipuan ini terpicu.

  1. Belilah sim card provider setempat

Jika Anda masih menggunakan sim card negara asal Anda saat bepergian ke luar negeri, Anda akan membayar sejumlah biaya yang sangat mahal, seperti biaya roaming dan biaya internet. Dengan menggunakan sim card lokal, Anda akan menghemat biaya cukup banyak saat berkomunikasi dengan keluarga di negara asal.

Baca :   10 Barang Wajib Bawa Saat Penerbangan Panjang

 

sewa mobil online