Mie Kegelapan, Jajangmyeon Versi Indonesia

Mie Kegelapan, Jajangmyeon Versi Indonesia

0

Mie Kegelapan solo

sewa mobil online

Wilayah sekitar kampus memang menjadi lahan strategis tersendiri bagi pelaku wisata kuliner. Mahasiswa memang senang mencari kuliner yang enak, murah, dan menarik. Tak terkecuali mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Salah satu warung makan yang akan dibahas berikut adalah warung makan Mie Kegelapan. Sebenarnya, Mie Kegelapan adalah nama lain dari masakan Korea, jajangmyeon. Mie ini dinamakan mie kegelapan karena disiram dengan kuah kental hitam. Sebenernya, komposisi mie tidak “gelap-gelap” amat yakni terdiri dari mie rebus, wortel cincang, daging ayam cincang, kentang cincang, dan sawi.

Baca :   Jenang Laweyan Omi, Kudapan Tradisional yang “Gurihnya Pas”

Dengan rasa dominan gurih, mie kegelapan memang sangat cocok dengan lidah orang Solo. Warna saus yang hitam itu ternyata didapat dari kedelai hitam yang telah difermentasi.

Menurut pengakuan pemilik warung, nama Mie Kegelapan dipilih karena nama aslinya sangat asing di telinga orang Indonesia. Selain itu, dia juga ingin memberikan gimmick  membikin penasaran pengunjung.

Baca :   Menikmati Salad Khas Solo di Warung Selat Mbak Lies

Bedanya dengan jajangmyeon asli Korea, penyajian Mie Kegelapan tidak diaduk. Pemilik restoran mempersilakan pengunjung mengaduk sendiri mie kegelapan-nya. Sementara di Korea, seluruh bahan telah dicampur menjadi satu dengan kuah.

Selain Mie Kegelapan / Jajangmyeon, ada menu lain khas Korea yakni kimbab dan ramyeon. Seluruh menu di warung ini bebas MSG dan vetsin.

Baca :   Kimchi Resto Café

Alamat         : Jalan Menco Raya 34 E, Area Universitas Muhammadiyah Surakarta

No. Telp       : –

Jam Buka    : 12.00-20.00 WIB

sewa mobil online