Macam-macam Motif Batik Yogya-Solo dan Filosofinya

Macam-macam Motif Batik Yogya-Solo dan Filosofinya

0

Batik merupakan kain tradisional peninggalan masyarakat Jawa yang sudah diakui dunia sebagai warisan budaya dunia. Dari segi bahasa, batik berasal dari dua kata dalam bahasa Jawa yakni amba (menulis) dan titik. Kain batik memang mempunyai corak unik yang dihasilkan oleh bahan malam. Bahan tersebut menahan masuknya bahan pewarna sehingga menghasilkan corak unik.

sewa mobil online

Batik mempunyai beragam motif yang dipengaruhi oleh budaya setempat. Corak-corak batik ada yang dipengaruhi oleh kondisi politik masa lampau yakni saat berkembangnya kerajaan-kerajaan. Corak-corak tersebut tidak hanya sekadar gambar estetis saja tetapi juga mengandung filosofi mendalam. Berikut ini motif-motif batik Yogya-Solo dan artinya :

  1. Trutul atau Truntum
Baca :   Solo Grand Mall, Pionir Mal di Solo

Motif ini melambangkan cinta yang bersemi kembali. Motif ini sering dipakai untuk pakaian orang tua pengantin pada waktu upacara panggih.

  1. Wahyu Tumurun

Motif ini jika dipakai diharapkan si pemakai mendapat anugerah dari Yang Maha Kuasa yaitu kesejahteraan dan kebahagiaan.

  1. Sido Luhur

Motif ini melambangkan harapan untuk mencapai kedudukan tinggi dan menjadi panutan masyarakat.

  1. Sido Mukti
Baca :   Ngarsopura Night Market Solo, Pasar Tiban Ala Orchid Road

Motif ini melambangkan harapan untuk mencapai kebahagiaan lahir dan batin.

  1. Buntal

Motif ini melambangkan semangat persatuan dan kesatuan.

  1. Parang Barong

Motif ini sangat sakral, hanya boleh dipakai Raja terutama saat meditasi atau ritual keagamaan.

  1. Parang Rusak

Motif ini hanya digunakan oleh para bangsawan jaman dahulu untuk ritual keagamaan di lingkungan keraton.

Demikianlah uraian tujuh motif batik Yogya-Solo. Sekarang ini, batik menjadi salah satu kain tradisional yang sangat digemari berbagai kalangan, tidak hanya kalangan bangsawan saja tetapi juga kalangan rakyat baik pria maupun wanita. Docar menyediakan jasa sewa mobil untuk membantu anda berkeliling kota Solo.

Baca :   Grojogan Selondo, Keindahan Alami di Bumi Wonogiri

Sewa mobil di Solo sekarang jadi mudah dengan aplikasi DOcar Solusi Sewa Mobil Pilihan Anda. Unduh aplikasi DOcar tanpa dipungut biaya alias GRATIS di Google PlayStore. Pastikan Anda membagikan artikel ini ke keluarga dan teman-teman Anda jika Anda mendapati artikel ini menambah wawasan umum Anda; karena ilmu tidak akan habis walau dibagi.


sewa mobil online