Tips Menghemat Bensin Terutama Saat Mudik

Tips Menghemat Bensin Terutama Saat Mudik

0

Tips Menghemat Bensin Terutama Saat Mudik

sewa mobil online

Mobil pribadi memang menjadi alternatif favorit para pemudik maupun saat hari-hari biasa. Dengan menggunakan mobil, Anda bisa mengendarai sesuai ritme Anda. Jika lelah, Anda bisa beristirahat kapan saja dan di mana saja. Meskipun banyak keuntungan yang didapatkan dari menggunakan mobil pribadi, ada banyak hal yang harus direncanakan. Hal itu termasuk pemakaian bahan bakar. Berikut ini lima tips menghemat bensin kendaraan pribadi.

  1. Jangan menyetir terlalu cepat

Bahan bakar akan lebih cepat terbuang jika Anda menjalankan mobil dengan cepat. Saran kami, jangan berkendara lebih cepat dari 96 km/jam.

Tambahan pula, jangan menginjak pedal gas terlalu kencang saat mulai mengemudikan mobil setelah macet. Anda akan menghemat bahan bakar hingga 5% jika mempercepat mobil secara bertahap. Untuk lebih menghemat bahan bakar, Anda harus mengemudikan mobil dengan kecepatan stabil.

  1. Gunakan AC dengan benar
Baca :   Tips Agar Mobil Aman Saat Ditinggal Liburan

Jika Anda mengendarai mobil dengan kecepatan rendah, sebaiknya matikan AC untuk menghembat pengeluaran bensin. Jika memungkinkan, jangan gunakan AC selama perjalanan sama sekali. Namun jika kondisi tidak memungkinkan, nyalakan AC saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi atau saat macet. AC akan cepat rusak apabil Anda membuka jendela saat AC dinyalakan. Hal tersebut juga tidak baik untuk pertukaran udara.

  1. Jangan membawa terlalu banyak barang di atas dan di dalam mobil
Baca :   Wisata ke Pantai? WAJIB Bawa Benda-benda Berikut Ini

Saat musim mudik, sering dijumpai mobil-mobil pribadi yang membawa banyak barang di atas mobil. Ternyata, hal itu memboroskan bensin. Bahan bakar bisa lebih boros 5% karena barang-barang yang berada di atas mobil meningkatkan tekanan angin sehingga mengurangi aerodinamik pada mobil.

Barang bawaan yang terlalu banyak di dalam mobil juga membuat laju mobil lebih berat sehingga menghabiskan tenaga dan bahan bakar, apalagi jika barang bawaan mendekati kapasitas muatan mobil. Untuk menghindarinya, Anda harus mengemas barang-barang hingga seminimal mungkin.

  1. Hindari memanaskan mobil terlalu lama
Baca :   Tips Merencanakan Piknik di Taman

Kebiasaan memanaskan mobil terlalu lama memboroskan bensin. Anda hanya perlu waktu 30 detik untuk memanaskan mesin mobil. Faktanya, banyak orang menghabiskan waktu 10-15 menit untuk memanaskan mobil sebelum berangkat. Satu lagi kebiasaan yang harus dihilangkan adalah menyalakan AC saat memanaskan mobil.

  1. Hindari terlalu sering memberhentikan mobil

Memang, disarankan Anda banyak-banyak istirahat saat perjalanan jauh. Namun, terlalu sering menghidupkan dan mematikan mesin memboroskan bensin. Solusinya, Anda bisa menghabiskan waktu lebih lama untuk beristirahat daripada harus sebentar-sebentar berhenti.

sewa mobil online