Gua Jepang Pundong Parangtritis, Benteng Pertahanan Jepang dari Sekutu

Gua Jepang Pundong Parangtritis, Benteng Pertahanan Jepang dari Sekutu

0
Gua Jepang Pundong Parangtritis
Gua Jepang Pundong Parangtritis

Gua Jepang Pundong Parangtritis

sewa mobil online

Gua Jepang yang terletak di Bukit Pundong merupakan salah satu benteng pertahanan utama untuk menahan laju tentara Sekutu. Tentara-tentara tersebut berusaha merebut kembali wilayah Indonesia dari tangan Jepang pada tahun 1942 hingga 1945.

Delapan belas gua pertahanan Jepang di daerah Parangtritis, Yogyakarta, tersebut masih menyisakan suasana masa Perang Dunia II. Di kompleks seluas 12 hektare itu, berdiri bunker dengan dinding abu-abu nan lembab dan bersuasana remang-remang. Masing-masing bunker menawarkan sisi pemandangan yang berbeda.

Baca :   Candi Pawon, Namanya Mengundang Beragam Penafsiran

Gua-gua tersebut dibuat dari material batu cadas, beton, dan semen. Kedelapan belas gua buatan itu mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Ada yang sebagai ruang pertemua, ruang tembak, ruang intai, dapur, gudang senjata, dll. Gorong-gorong penghubung antara bunker satu dengan bunker lainnya menandakan bahwa gua-gua buatan ini dikonsep dengan teliti.

Saat ini, Gua Jepang Parangtritis menjadi tempat wisata pilihan para pecinta sejarah dan pecinta fotografi. Pagi hari menjadi waktu ideal untuk mengunjungi Gua Jepang Parangtritis ini. Jika Anda mencari destinasi wisata unik di sekitar Parangtritis yang menawarkan wisata sejarah, wisata alam, dan wisata fotografi dalam satu paket, tempat ini layak menjadi salah satu pilihan Anda.

Baca :   Pabrik Gula Madukismo, Sarana Tepat Menghabiskan Liburan Bermanfaat
sewa mobil online