Museum Sasmitaloka, Tempat Mengingat Sejarah Jenderal Sudirman

Museum Sasmitaloka, Tempat Mengingat Sejarah Jenderal Sudirman

0
Museum Sasmitaloka
Museum Sasmitaloka

Bekas Kediaman Panglima Besar Jenderal Sudirman kini dijadikan sebuah museum untuk mengenang jasa-jasa pahlawan yang terkenal dengan taktik perang gerilyanya itu. Museum yang diberi nama Museum Sasmitaloka Panglima Besar Jenderal Sudirman itu terletak di Jalan Bintaran Wetan No. 3 Yogyakarta. Peresmian museum dilakukan pada tanggal 30 Agustus 1982.

sewa mobil online

Rumah itu dibangun pada tahun 1890, pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Tempat ini telah digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari tempat tinggal pejabat keuangan Pura Paku Alam VII hingga Museum Pusat Angkatan Darat. Jenderal Sudirman tinggal di tempat ini sejak tanggal 18 Desember 1945 sampai dengan 19 Desember 1948.

Baca :   Pantai Depok, Pusat Kuliner Laut Langsung dari Sumbernya

Di dalam Museum Sasmitaloka, pengunjung akan menemukan Prasasti Pangsar Jenderal Sudirman. Ada pula Monumen Pangsar Jenderal Sudirman yang berdiri di halaman depan bangunan induk. Ruangan museum masih dikondisikan seperti ketika ditinggali Jenderal Sudirman. Ada medali kehormatan, radio kuno, senjata-senjata rampasan perang, koleksi pakaian, dokumentasi, dll. Untuk lebih mendalami sejarah kemerdekaan Indonesia, ada diorama-diorama yang menggambarkan kejadian-kejadian penting di masa lalu. Docar rental mobil jogja akan membantu anda berkeliling di kota wisata jogja.

Baca :   Sendang Sono, Tempat Ziarah Penuh Sejarah

sewa mobil online