Pabrik Gula Madukismo, Sarana Tepat Menghabiskan Liburan Bermanfaat

Pabrik Gula Madukismo, Sarana Tepat Menghabiskan Liburan Bermanfaat

0
Pabrik Gula Madukismo
Pabrik Gula Madukismo

Terdapat banyak cara untuk menghabiskan liburan. Tidak sekadar beraktivitas di luar ruangan, Anda bisa mempertimbangkan paket agrowisata ke Pabrik Gula Madukismo. Pabrik legendaris ini terletak di Desa Padokan, Jalan Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

sewa mobil online

Untuk menikmati wisata ke tempat ini, Anda harus jauh-jauh hari mendaftar sebagai peserta paket agrowisata Madukismo. Dengan paket tersebut, Anda mempunyai kesempatan mengunjungi peninggalan di awal era industri Indonesia di tahun 1950-an.

Baca :   Kaliurang, Tempat Peristirahatan Geolog Belanda

Pabrik Gula Madukismo berdiri pada tahun 1955 dan masih beroperasi hingga sekarang. Setelah sampai di kawasan pabrik, terlebih dahulu Anda akan masuk ke Gedung Madu Chandya. Di sana, pemandu wisata akan menjelaskan proses pembuatan gula dari tebu. Hasil samping produksi gula juga bisa dibuat menjadi spiritus. Penjelasan tentang keduanya disampaikan dengan media audio visual yang menarik.

Usai mendengarkan penjelasan tentang cara membuat tebu dan spiritus, peserta paket agrowisata Madukismo dibawa berjalan-jalan ke sekitar areal pabrik naik kereta api tua yang ditarik oleh lokomotif tua. Mesinnya pun masih berjenis diesel buatan Jerman. Suasana naik kereta di masa lalu dicoba dihadirkan oleh para penggagas tur agrowisata ini.

Baca :   Lagi Ngetren, Wisata Tebing Breksi Sleman

Perjalanan kereta api tersebut akan membawa Anda ke Pabrik Gula Madukismo. Pengunjung disarankan datang ke Pabrik Gula Madukismo pada kurun waktu bulan Mei hingga September. Sebab, pengunjung bisa langsung menyaksikan proses produksi gula secara langsung.

Usai melihat proses produksi gula, Anda akan menuju Pabrik Spiritus Madukismo. Anda pun bisa menyaksikan bagaimana spiritus itu dibuat. Paket agrowisata Madukismo pun selesai sampai di situ.

Baca :   Candi Prambanan, Kompleks Candi Paling Terkenal di Yogyakarta

Meskipun demikian, Anda masih bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata Jogja di sekitar Pabrik Gula Madukismo. Di antaranya adalah Desa Wisata Kasongan.

sewa mobil online