Candi Ijo, Candi di Daratan Tertinggi Yogyakarta

Candi Ijo, Candi di Daratan Tertinggi Yogyakarta

0

Candi Ijo, Candi di Daratan Tertinggi Yogyakarta

sewa mobil online

Candi Ijo adalah peninggalan abad kesembilan. Candi ini terletak di Bukit Ijo, Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Bukit Ijo itu juga terkenal dengan nama Gumuk Ijo. Ketinggiannya sekitar 410 meter di atas permukaan laut. Dari antara candi-candi yang berada di Yogyakarta, Candi Ijo memang terletak di tempat tertinggi.

Candi Ijo merupakan sebuah bukti akulturasi kebudayaan Hindu dan Buddha. Saat masuk ke kompleks candi, wisatawan akan disambut bentuk-bentuk seni yang merupakan cerminan kebudayaan Hindu. Akan tetapi, di atas pintu masuk ada kala makara dengan motif kepala ganda. Motif itu, beserta atributnya, menggambarkan bahwa candi itu adalah candi Buddha.

Baca :   Pantai Indrayanti, Pantai Eksklusif yang Bersih

Secara keseluruhan, kompleks candi terdiri dari 17 struktur bangunan. Mereka terbagi dalam 11 teras berundak. Candi Ijo bercorak naturalis, berbeda dengan Candi Prambanan yang corak naturalisnya mengarah pada erotisme.

Letak Candi Ijo itu menyebabkan landasan Bandara Adi Sucipto tidak bisa diperpanjang ke arah timur. Jadi, saat berada di Candi Ijo, para wisatawan bisa melihat dengan leluasa pemandangan Bandara Adi Sucipto.

Baca :   Candi Plaosan, Candi Kembar Peninggalan Rakai Pikatan

sewa mobil online