Candi Plaosan, Candi Kembar Peninggalan Rakai Pikatan

Candi Plaosan, Candi Kembar Peninggalan Rakai Pikatan

0

Candi Plaosan, Candi Kembar Peninggalan Rakai Pikatan

sewa mobil online

Candi Plaosan, atau yang sering disebut Candi Kembar, berada tidak jauh dari kompleks Candi Prambanan. Candi ini dibangun pada masa pemerintahan Rakai Pikatan untuk Pramudyawardani, permaisurinya. Kompleks Candi Plaosan dibagi dua yaitu Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Kedua kompleks itu hampir serupa jika dilihat dari jauh, seperti kembar.

Baca :   Pemandian Tirta Budi : Biru Airnya, Seru Petualangannya

Candi Plaosan Lor mempunyai tiga altar di bagian timur pendopo. Di altar timur, dapat dijumpai gambaran Amitbha, Ratnasambhava, Vairochana, dan Aksobya. Sementara di altar barat ada gambaran Manjusri dan di altar utara ada Stupa Samantabadhara dan figur Ksitigarbha.

Lalu, Candi Plaosan Kidul mempunyai delapan candi kecil yang mengelilingi pendopo bagian tengah. Candi-candi itu terdiri dari dua tingkat dengan empat candi di tiap tingkatnya. Ibu dari semua Budha, Prajnaparamita, bisa ditemukan gambarannya di sini.

Baca :   Bukit Pengilon, Satu Lagi Bukit Penuh Pesona di Tepi Pantai Gunungkidul

Total candi yang ada di Candi Plaosan adalah 116 stupa perwara dan 50 candi perwara. Ada dua prasasti, yang satu di atas keping emas yang terletak di sebelah utara candi utama. Prasasti lainnya ditulis di atas batu, dapat ditemukan di Candi Perwara baris pertama.

Kompleks Candi Plaosan ini dapat dikunjungi di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Prambanan, Yogyakarta. Di sekitar kompleks, terdapat parit yang menyusun bagian interior pagar.

Baca :   Lagi Ngetren, Wisata Tebing Breksi Sleman
sewa mobil online