Hutan Pinus Mangunan, Lokasi Favorit Pemburu Foto Lansekap Cantik

Hutan Pinus Mangunan, Lokasi Favorit Pemburu Foto Lansekap Cantik

0
Hutan Pinus Mangunan
Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan, Lokasi Favorit Pemburu Foto Lansekap Cantik

sewa mobil online

Hutan Pinus Mangunan masih merupakan bagian dari hutan kawasan Resort Pengelolaan Hutan Mangunan. Sesuai namanya, bagian hutan ini memang ditanami pohon pinus. Sebelumnya, kawasan Dlingo, Mangunan, Bantul ini hanya berupa tanah tandus. Program reboisasi menjadikan kawasan Mangunan kembali asri.

Lahan seluas kurang lebih 500 hektare di RPH Mangunan memang ditanami berbagai pohon, tidak hanya pinus. Ada kemiri, kayu putih, akasia, mahoni dll. yang ditanam sebagai bagian dari reboisasi. Namun, hanya bagian hutan pinus saja yang benar-benar dikelola sebagai tujuan wisata.

Baca :   Pantai Depok, Pusat Kuliner Laut Langsung dari Sumbernya

Hutan lindung ini mempunyai sebuah sumber mata air yakni mata air Bengkung. Masyarakat percaya bahwa lokasi mata air Bengkung itu dulunya digunakan oleh Sultan Agung Hanyakrakusuma untuk bertapa. Hal itu membuat peziarah sering mendatangi lokasi sekitar mata air tersebut.

Banyak wisatawan memanfaatkan keberadaan Hutan Pinus Mangunan sebagai tempat berburu foto. Pasangan yang melakukan foto pranikah (pre-wedding) biasanya tertarik dengan keindahan dan kesimetrisan pohon-pohon pinus ini. Uniknya, orang Korea Selatan menganggap pinus sebagai lambang cinta yang tak pernah berakhir. Hal itu sangat cocok dengan tema fotografi pre-wedding sebagai sarana mendokumentasi awal hubungan serius sebuah pasangan.

Baca :   Museum Sasmitaloka, Tempat Mengingat Sejarah Jenderal Sudirman
sewa mobil online