Candi Kalasan : Candi Budha Tertua di Yogyakarta

Candi Kalasan : Candi Budha Tertua di Yogyakarta

0
Candi Kalasan
Candi Kalasan

Candi Kalasan

sewa mobil online

Candi Tara, atau sering juga disebut Candi Kalasan, dibangun oleh Rakai Panangkaran. Dia juga merupakan konseptor Candi Borobudur. Candi Kalasan, dibangun tahun 778 Masehi, tercatat sebagai candi peninggalan Budha tertua di Yogyakarta.

Pembangunan candi ini dimaksudkan sebagai penghargaan atas perkawinan Pancapana (Dinasti Sanjaya) dan Dyah Pramudya Wardhani (Dinasti Syailendra). Bangunan berbentuk bujur sangkar ini berukuran sisi 45 meter dan tinggi 34 meter. Candi dibagi menjadi tiga bagian; kaki, tubuh, dan atap candi.

Baca :   Mengunjungi Candi Sari, Asrama Pendeta Buddha

Candi Kalasan berhiasan relief-relief pada permukaannya. Relief itu dibuat dari semen kuno yang disebut Brajalepha. Semen kuno itu terbuat dari getah pohon.

Candi Kalasan merupakan bukti bahwa Rakai Panangkaran merupakan konseptor candi yang hebat. Salah satu karyanya adalah bangunan suci di Thailand. Candi ini juga merupakan bukti bahwa kerukunan umat beragama telah dicoba diterapkan oleh pemeluk agama Hindu dan Budha. Sebab, Rakai Panangkaran adalah seorang Hindu. Dia membangun Candi Tara atas usulan pendeta Budha untuk dipersembahkan kepada Pancapana, keturunan Dinasti Sanjaya yang beragama Budha.

Baca :   Puncak Kosakora : Selfie di Pegunungan Kapur
sewa mobil online