Kawah Putih, Berawal dari Sebuah Letusan Hebat Gunung Patuha

Kawah Putih, Berawal dari Sebuah Letusan Hebat Gunung Patuha

0

kawah putih ciwidey Kawah Putih merupakan sebuah lokasi wisata di kawasan Ciwidey. Disebut demikian karena terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Letusan itu membentu danau yang airnya kadang-kadang berubah warna. Air kawah itu berwarna putih kehijauan, sedangkan tanah yang berada di sekitar kawah berwarna putih karena bercampur belerang. Letak kawah itu berada di ketinggian 2.090 meter di atas permukaan laut, atau tepat di bawah puncak tertinggi Gunung Patuha.

sewa mobil online
Baca :   Puncak Ciumbuleuit (Punclut), Kawasan Puncak yang Jadi Wisata Kuliner

kawah putih bandung

Dr. Franz Wilhelm Junghuhn memutuskan untuk pergi ke puncak Gunung Patuha pada tahun 1837. Tidak ada orang yang berani pergi ke puncak Gunung Patuha sejak abad ke-10 karena beranggapan bahwa kawasan tersebut angker. Sebab, letusan hebat Gunung Patuha pada abad ke-10 itu telah membuat setiap gunung yang terbang melewati kawasan tersebut mati. Meskipun demikian, keberanian Junghuhn mendekati lokasi tersebut demi ilmu pengetahuan berbuah manis. Dia menemukan sebuah danau berwarna putih yang berbau belerang. Lalu, pada 1987, pemerintah meresmikan dan mengembangkan Kawah Putih sebagai tempat wisata.

Baca :   Gunung Kareumbi Masigit, Gunung dengan Ekowisata Beragam

wisata kawah putih

Fasilitas yang tersedia di Kawah Putih antara lain tempat bermain anak, bumi perkemahan, kebun binatang mini, mushola, toilet, area parkir, angkutan khusus ke lokasi, kafe, warung, dan restoran. Dengan keunikan Kawah Putih ditambah dengan keseriusan pemerintah daerah serta masyarakat mengelola tempat wisata, tempat wisata ini pasti menarik untuk Anda yang ingin melihat keindahan alam Bandung.

Baca :   Caringin Tilu : Tiga Pohon Beringin Mistis Jadi Ikon Perbukitan Ini

sewa mobil online