Dago Pakar Bandung : Tempat Persembunyian Tentara di Pegunungan Bandung

Dago Pakar Bandung : Tempat Persembunyian Tentara di Pegunungan Bandung

0

Dago Pakar Bandung

sewa mobil online

Kawasan hutan wisata bersejarah di Bandung Utara itu bernama Dago Pakar. Presiden RI kedua, Soeharto, menjadikan kawasan tersebut sebagai hutan raya pertama di Indonesia. Hutan ini sangat nyaman ditelusuri dengan jalan kaki karena jalurnya tidak terlalu jauh dan berbahaya, hanya sekitar lima hingga tujuh kilometer.

Dago Pakar Bandung menyimpan satu fragmen sejarah kemerdekaan Indonesia.  Di sepanjang lintasan jogging, Anda akan mendapati peninggalan sejarah berupa Gua Belanda dan Gua Jepang. Mereka menggunakan pegunungan di Dago sebagai tempat berlindung dari musuh.

Baca :   Museum Pos Indonesia, Dokumentasi Abadi Benda Pos

Gua  Belanda yang bisa ditemukan di tempat ini dulunya dijadikan markas militer, pembangkit listrik tenaga air, tempat menyimpan senjata, dan tempat penyiksaan tahanan. Gua ini menjadi saksi bisu kekejaman tentara kolonial terhadap Indonesia.

Sementara itu, Gua Jepang dibangun oleh rakyat Indonesia yang dipekerjakan dengan sistem Romusha. Tentara Jepang berlindung dari serangan Sekutu di gua ini. Anda bisa masuk ke gua yang mempunyai banyak lorong namun tak terlalu panjang ini.

Baca :   Pemandian Air Panas Cimanggu, Pemandian di Kawasan Hutan Lindung Bandung

Selain kedua gua bersejarah, Anda bisa mengunjungi air terjun Maribaya. Resor wisata Maribaya memang dijadikan resor wisata terusan Dago Pakar. Air terjun dan air panas alami Maribaya merupakan beberapa faktor penarik wisatawan tempat tersebut.

sewa mobil online