Pasar Tradisional Terbesar di Kota Solo, Pasar Gede Hardjonagoro

Pasar Tradisional Terbesar di Kota Solo, Pasar Gede Hardjonagoro

0
pasar gede solo
pasar gede solo

Pasar Gedhe Hardjanagara merupakan pasar terbesar di Kota Solo. Memang, secara harafiah, “Gedhe” dalam bahasa Jawa berarti Besar, sehingga Pasar Gede memang berarti Pasar Besar. Nama itu diberikan pada pasar ini karena atap yang memayungi bangunan pasar termasuk besar. Saat ini, Pasar Gede Hardjonagoro menjadi pasar terbesar, termegah, dan bernilai sejarah di Solo.

sewa mobil online

Seorang arsitek bernama Ir. Thomas Karsten, berkebangsaan Belanda, selesai membangun pasar ini pada tahun 1930. Setelah itu, pasar ini mengalami beberapa kali renovasi dan pemugaran pada tahun 1947, 1981, dan 1999.

Baca :   Pasar Antik Triwindu, Tempat Berkumpulnya Barang-barang Kuno

Pada tahun 1947, setelah Agresi Militer Belanda, Pasar Gede direnovasi karena rusak saat masa perang. Tahun 1949, saat wilayah Surakarta masuk dalam wilayah Pemerintah Republik Indonesia, pasar ini diperbaiki atapnya. Perbaikan tersebut baru selesai tahun 1981. Pada tahun 1999, pasar ini kembali direnovasi karena konflik Masa Reformasi.

Dilihat dari arsitekturnya, Pasar Gede Hardjonagoro memadukan unsur-unsur bangunan khas Jawa dan Belanda. Pasar yang terletak sangat dekat dengan pusat pemerintahan Balaikota Surakarta ini sering dijadikan salah satu tujuan wisata utama.

Baca :   Mari Berlibur ke Pusat Parfum Refill, In Parfum Bandung

Lokasi Pasar Gede Hardjonagoro terletak di Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Pasar Gede. Lokasi ini merupakan daerah Pecinan Kota Solo. Maka dari itu, banyak para pedagang yang berjualan di Pasar Gede merupakan keturunan Tionghoa. Bangunan-bangunan di sekitar Pasar Gede pun khas Pecinan. Salah satu bangunan unik di sekitar Pasar Gede Hardjonagoro yakni Klenteng Vihara Avalokitesvara Tien Kok Sie di sebelah selatan Pasar Gede, tepatnya di Jalan Ketandan.

Hingga saat ini, Pasar Gede Hardjonagoro masih aktif menjadi tempat untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Pasar Gede berdiri megah di jantung Kota Solo, menjadi sebuah ikon Kota Batik tersebut.

Baca :   Beteng Trade Center (BTC): Pusat Belanja Kain Batik di Solo

Alamat : Jalan Urip Sumoharjo, Jebres, Surakarta 57129

No. Telp : (0271) 635058


Sewa mobil di Solo sekarang jadi mudah dengan aplikasi DOcar Solusi Sewa Mobil Pilihan Anda. Unduh aplikasi DOcar tanpa dipungut biaya alias GRATIS di Google PlayStore. Pastikan Anda membagikan artikel ini ke keluarga dan teman-teman Anda jika Anda mendapati artikel ini menambah wawasan umum Anda; karena ilmu tidak akan habis walau dibagi.


sewa mobil online