Taman Unyil Ungaran : Taman Isi Miniatur Jalan Raya

Taman Unyil Ungaran : Taman Isi Miniatur Jalan Raya

0
Taman Unyil Ungaran

Taman Unyil terletak di perbatasan antara Kota Semarang (Pudak Payung) dan Kabupaten Semarang (Bandarjo). Letaknya memang dirasa kurang strategis karena berada di pertigaan jalur cepat, jalur utama Semarang Solo Jogja.

sewa mobil online

Meskipun demikian, kehadiran sebuah taman kota di wilayah ini memang perlu karena wilayah kota sudah penuh dengan jalanan. Sangat jarang ditemukan tempat publik yang bisa mempertemukan warga untuk berekreasi dan bersosialisasi. Masuk ke area Taman Unyil tidak dipungut biaya sehingga bisa menjadi alternatif menghabiskan waktu berlibur yang murah.

Mendengar kata Unyil, terutama bagi warga yang mengalami masa kanak-kanak dan remaja di tahun 90-an, tentu langsung teringat pada sosok bonek berpeci hitam dengan sarung di punggung. Lakon Boneka Unyil memang sempat menjadi primadona tayangan televisi pada kala itu. Kini, Unyil dkk. hadir kembali dalam acara yang lebih modern bertajuk Laptop Si Unyil di salah satu televisi swasta.

Baca :   Gua Kreo : Menengok Petilasan Sunan Kalijaga di Tengah-tengah Waduk Jatibarang

Meskipun menggunakan nama Unyil, bukan Unyil si boneka itulah yang membuat taman ini dinamakan demikian. Seperti yang kita tahu, unyil adalah sebuah kata yang berarti kecil, boleh dikata miniatur.

Taman Unyil di Ungaran ini memang menghadirkan replika jalan raya (rambu-rambu lalu lintas, miniatur jembatan, miniatur jalan memutar, dsb.) dalam bentuk mini. Maka dari itu, taman ini cocok sekali dikunjungi anak-anak balita dan yang sudah memasuki jenjang Sekolah Dasar. Mereka bisa belajar mengenal rambu-rambu lalu lintas dan peraturan di jalan raya.

Baca :   Tugu Muda : Lansekap Pengingat Pertempuran Lima Hari di Semarang

Luas lahan Taman Unyil adalah sekitar kurang dari setengah hektar. Beberapa permainan sederhana khusus untuk anak-anak tersedia di sini. Patung binatang, perosotan, komidi putar, ayunan, dan permainan khas taman bermain bisa dinikmati balita dan kanak-kanak.

Sekitar tahun 2011, Bupati Kabupaten Semarang, dr. Mundjirin, S.pOG, mengubah nama Taman Unyil Semarang menjadi Taman Serasi. Hal ini sebagai upaya pembersihan citra Taman Unyil yang kerap disalahgunakan sebagai tempat untuk berbuat mesum, apalagi pada waktu malam hari. Diharapkan, penamaan Taman Serasi mengingatkan kembali tentang fasilitas taman kota ini agar digunakan dengan serasi.

Baca :   Pantai Maron : Dekat dengan Pusat Kota, Kini Tampak Berbeda

Walaupun sudah berganti nama, tampaknya warga Ungaran telah lekat dengan nama Taman Unyil. Sehingga, warga sekitar mungkin maslh lebih mengenal daerah tersebut dengan nama Taman Unyil daripada Taman Serasi.Bagaimana pun juga, Taman Unyil adalah tempat wisata taman bermain paling dikenal di kalangan warga Ungaran.

sewa mobil online