Bukit Pengilon, Satu Lagi Bukit Penuh Pesona di Tepi Pantai Gunungkidul

Bukit Pengilon, Satu Lagi Bukit Penuh Pesona di Tepi Pantai Gunungkidul

0
Bukit Pengilon (foto: @aminrahmadi Instagram)
Bukit Pengilon (foto: @aminrahmadi Instagram)

Kabupaten Gunungkidul di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki bentang alam yang potensi wisatanya luar biasa besar. Salah satu bentang alam yang berisi banyak objek wisata adalah Gunung Api Purba Batur. Nah, Bukit Pengilon yang terletak di kaki gunung tersebut kini ramai dibahas di Instagram. (contentbeta) Bukit tersebut tepatnya berada di Ngestirejo, Tepus.

sewa mobil online

Pantai Bukit Pengilon, Pengilon Hill, dan Bukit Pengilen adalah beberapa nama yang disematkan untuk objek wisata di kaki Gunung Api Purba Batur. Gunung tersebut dikatakan sebagai gunung aktif yang sudah sejak ribuan tahun lalu nonaktif.

Baca :   Kaliurang, Tempat Peristirahatan Geolog Belanda

Bukit Pengilon berjarak sekitar 80 kilometer dari Kota Yogyakarta. Rute untuk mencapainya bisa melalui ringroad Jalan Wonosari menuju Pantai Watu Lumbung lalu ke Pantai Bukit Pengilon.

Keadaan di Bukit Pengilon kurang lebih sama seperti keadaan di pantai-pantai berkarang terjal lainnya. Rumput-rumput menyelimuti permukaan tanah sehingga bukit tersebut tampak seperti padang rumput.

Adapun nama Pengilon yang disematkan pada bukit tersebut berasal dari sebuah batu yang menyerupai cermin. Pengilon adalah bahasa Jawa untuk benda cermin. Batu tersebut terletak di pinggir pantai yang membentuk seperti semenanjung kecil.

Baca :   Pantai Drini Tawarkan Dua Karakteristik Pantai Indonesia

Pengunjung menyukai perpaduan antara suasana kaki gunung dengan angin khas Laut Selatan. Suasana tersebut dirasa tambah unik dengan kehadiran padang rumput yang cocok digunakan untuk berkemah. Maka dari itu, tidak heran jika para pengunjung nantinya bisa menemukan beberapa tenda berbentuk dome yang didirikan di atas puncak Bukit Pengilon. Dari puncak bukit, panorama Pantai Wedi Ombo bisa dilihat dengan leluasa.

Keunikan dan keindahan Bukit Pengilon telah banyak diabadikan wisatawan dalam bentuk foto maupun video. Foto-foto tentang Bukit Pengilon bisa dilihat di jejaring sosial Instagram dengan tagar #BukitPengilon. Dari jejaring sosial ini, Bukit Pengilon dikenal oleh para pehobi jelajah tempat wisata.

Baca :   Museum Affandi : Rumahnya Karya-karya Pelukis Affandi

Tiket masuk Bukit Pengilon medio September 2016 adalah Rp5.000,00. Pengunjung juga diharuskan membayar retribusi parkir motor Rp2.000,00 dan parkir mobil Rp5.000,00. Medan lokasi menuju tempat wisata memang cukup sulit akan tetapi sebanding dengan panorama indah yang bisa dinikmati sesampainya pengunjung di lokasi.

sewa mobil online