Taman Satwa Taru Jurug, Bukan Sekadar Etalase Fauna Langka

Taman Satwa Taru Jurug, Bukan Sekadar Etalase Fauna Langka

0
Kebun Binantang Taman Satwa Taru Jurug
Taman Satwa Taru Jurug
Kebun Binantang Taman Satwa Taru Jurug
Taman Satwa Taru Jurug

Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) merupakan atraksi wisata berbentuk kebun binatang yang berlokasi di perbatasan Kota Solo dan Karanganyar. Taman Jurug, begitulah sebutan akrabnya, dibangun  pada tahun 1878 di atas lahan seluas 14 hektar.

sewa mobil online

Menurut sejarahnya, kebun binatang Satwa Taru Jurug merupakan pindahan dari kebun binatang Bon Rojo yang terletak di Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari. Bon Rojo merupakan kebun  binatang tempat keluarga Keraton Mangkunegaran memelihara hasil buruan mereka.  Kebun Binatang Bon Rojo dipindah karena THR Sriwedari sedang dipugar besar-besaran kala itu.

Baca :   “Omah Lowo”, Kediaman Ribuan Kelelawar

Koleksi binatang di kebun binatang Jurug sekitar 200 ekor lebih. Selain melihat binatang-binatang yang dikandangkan, para pengunjung bisa mencoba naik gajah atau kuda keliling kebun binatang. Para satwa di sini tidak hanya dijadikan objek tontonan tetapi juga dirawat agar terus berkembang biak. Secara umum, objek wisata ini cocok untuk Anda dan keluarga yang ingin bersantai menikmati suasana teduh dan nyaman sekaligus melihat-lihat satwa langka Indonesia.

Baca :   Wisata Kuliner Malam Gladag Langen Bogan (Galabo) Solo

Sentuhan historis terlihat dari adanya Monumen Gesang. Monumen tersebut dibuat untuk mengenang Gesang, seorang maestro keroncong Indonesia yang terkenal dengan lagu Bengawan Solo. Bukan kebetulan pula bahwa Taman Jurug ini memang berada di dekat aliran sungai Bengawan Solo itu..

[infobox style=”alert-info”]

Alamat         : Jalan Ir. Sutami No. 109 Jebres, Surakarta, Jawa Tengah 57126

Baca :   Solo Grand Mall, Pionir Mal di Solo

No. Telp       : (0271) 636279

Jam Buka    : 08.00-17.00 WIB

[/infobox]

sewa mobil online