Air Terjun Bidadari Palembang : Konon Jadi Tempat Mandi Para Bidadari

Air Terjun Bidadari Palembang : Konon Jadi Tempat Mandi Para Bidadari

0
Air Terjun Bidadari
Air Terjun Bidadari

Fakta Cepat Mengenai Air Terjun Bidadari Palembang:

sewa mobil online
  1. Memiliki nama lain Air Terjun Ayek Asem
  2. Pernah dijadikan lokasi syuting film
  3. Merupakan pilihan tepat untuk relaksasi

Selayang Pandang

Air Terjun Bidadari Palembang berlokasi di Desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatra Selatan.  Dari pusat Kota Palembang, air terjun ini kira-kira berjarak 231 km.

Air terjun tersebut memiliki nama lain Air Terjun Ayek Adem. Nama Bidadari yang disematkan pada fenomena alam tersebut diberikan oleh warga lokal. Kata mereka, air terjun tersebut dijadikan tempat mandi para bidadari. Entah benar atau tidak, yang jelas, destinasi wisata ini cukup terkenal di Palembang.

Baca :   Pulau Kemaro Terkenal dengan Kisah Cinta Sejati Antar Insan Berbeda Bangsa dan Budaya

Air Terjun Bidadari memiliki tinggi 30 meter, lebar atas 10 meter, serta lebar bawah 15 meter. Muara aliran air terjun ini adalah ke Sungai Lematang. Sebanyak enam air terjun berada di sekitar lokasi Air Terjun Bidadari. Mereka adalah Air Terjun Bujang Gadis, Air Terjun  Sumbing , dan Air Terjun Naga.

Air Terjun Bujang Gadis jaraknya kurang dari 30 meter dari Air Terjun Bidadari. Air terjun ini berketinggian 4 meter. Kemudian, kurang dari 80 meter dari Air Terjun Bujang Gadis, pengunjung dapat menemukan Air Terjun Sumbing yang berketinggian 35 meter. Terakhir, ada Air Terjun Naga yang berjarak kurang lebih 50 meter dari Air Terjun Sumbing. Air Terjun Naga berketinggian sekitar 10 meter. Ketiganya dapat dikunjungi dengan cara menyusuri aliran Air Terjun Bidadari.

Baca :   Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I Cerminan 3 Gaya Arsitektur Dunia

Paling Tepat Dikunjungi Saat Kemarau

Agar mendapatkan kunjungan wisata yang maksimal, para wisatawan disarankan agar mengunjungi air terjun ini saat musim kemarau atau saat tidak hujan. Pasalnya, jika keadaan hujan dan mendung, keindahan air terjun kemungkinan tertutup kabut. Debit air yang deras kadang juga perlu diwaspadai agar kunjungan wisata aman.

Baca :   Ziarah ke Tempat Peristirahatan Terakhir Raja-raja Palembang di Kawah Tengkurep

Minimnya fasilitas pendukung wisata juga harus menjadi pertimbangan. Para wisatawan harus membawa persediaan makanan sendiri karena tidak ada warung makan di sekitar tempat wisata. Mereka juga tidak boleh membuang sampah sembarangan supaya tidak mencemari air terjun.


Sewa mobil di Palembang sekarang jadi mudah dengan aplikasi DOcar – Solusi Sewa Mobil Pilihan Anda. Unduh aplikasi DOcar tanpa dipungut biaya alias GRATIS di Google PlayStore. Pastikan Anda membagikan artikel ini ke keluarga dan teman-teman Anda jika Anda mendapati artikel ini menambah wawasan umum Anda; karena ilmu tidak akan habis walau dibagi.


sewa mobil online