Situs Manusia Purba Sangiran, Objek Wisata Edukatif Kelas Dunia

Situs Manusia Purba Sangiran, Objek Wisata Edukatif Kelas Dunia

0

sangiran

sewa mobil online

Museum Purbakala Sangiran terletak tidak jauh dari Kota Solo, yakni sekitar 15 kilometer di sebelah selatan Solo. Museum ini terletak di antara daerah administratif Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sragen. Museum Sangiran telah mendapatkan pengakuan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Sebagai sebuah situs arkeologi, museum seluas 5.600 hektar ini menyimpan replika fosil-fosil makhluk hidup. Pada tahun 1930-an, fosil Homo erectus dan sejumlah artifak ditemukan di kompleks Sangiran ini. Menurut penelitian, umur-umur fosil tersebut bisa mencapai 500 ribu tahun.

Baca :   Tradisi Bagi-bagi Takjil Bubur Samin di Masjid Darussalam Jayengan

Situs Manusia Purba Sangiran

Pada tahun 2014, Museum Purbakala Sangiran diperbarui dengan membangun empat klaster. Tiap-tiap klaster mempunyai tujuan yang berbeda. Mereka adalah Klaster Krikilan, Klaster Ngebung, Klaster Bukuran, dan Klaster Dayu.

Beberapa atraksi menarik yang harus Anda lihat adalah fosil Homo erectus atau manusia purba, gading stegodon sepanjang empat meter, informasi mengenai tokoh-tokoh yang berjasa dalam bidang arkeologi, game interaktif, dan sajian contoh lapisan tanah dari empat jaman.

Baca :   Tari Bedhoyo Ketawang, Tarian Sakral untuk Raja-Raja Mataram

Masih berada di kompleks Sangiran, ada menara pengawas bertingkat tiga yang dapat dimanfaatkan untuk melihat pemandangan lembah Sangiran. Anda juga dapat melihat presentasi audio-visual mengenai teori evolusi Darwin di menara tersebut.

sangiran manusia purba

Yang terakhir, jika Anda menginginkan oleh-oleh khas Sangiran, jangan lupa mengunjungi stan souvenir yang dikelola masyarakat setempat. Adapun kuliner unik di Sangiran adalah kripik jangkrik, Anda harus mencobanya. Docar rental mobil di kota Solo akan membantu anda berkeliling kota Solo.

Baca :   Museum Radya Pustaka dan Sejarah Kerajaan Surakarta

Alamat : Sangiran

No. Telp : –

Jam Buka : Selasa-Minggu 09.00-16.30 WIB

sewa mobil online