Harjo Bestik, Warung Makan Steak Khas Jawa

Harjo Bestik, Warung Makan Steak Khas Jawa

0

Harjo Bestik, Warung Makan Steak Khas Jawa

sewa mobil online

Kota Solo mempunyai beragam kuliner termasuk kuliner yang terpengaruh dengan budaya Eropa. Warung Harjo Bestik adalah salah satu warung yang menjual beefsteak ala Eropa yang dinikmati dengan nasi putih khas Indonesia, unik bukan? Di warung ini, yang jadi menu unggulan adalah bestik lidah sapi.

Sesungguhnya, belum diketahui apakah bistik ini mengacu kepada kata beefsteak (Inggris) atau biefstuk (Belanda). Yang jelas, bistik menyumbangkan keanekaragaman kuliner Indonesia pada umumnya dan Jawa Tengah apalagi Solo pada khususnya.

Harjo Bestik tidak hanya menawarkan bistik lidah tetapi juga aneka olahan daging sapi dengan selera lokal, contohnya bistik uritan ayam dan brutu. Uritan ayam adalah telur yang masih berada di dalam perut ayam, sedangkan brutu adalah bagian belakang ayam. Keduanya merupakan bagian-bagian ayam yang sangat digemari masyarakat setempat.

Baca :   Nikmati Minuman dari Cangkir Khas Simbah-simbah di Wedangan Cangkir Blirik

Menu bistik lainnya adalah Bistik Telon yang terdiri atas tiga jenis daging sesuai permintaan pelanggan. Ada bistik campur dengan tambahan daging sapi cacah. Lalu ada bistik dadar lidah yang menyajikan bistik lidah sapi yang terbungkus telur dadar direndam kuah bistik. Terakhir, ada Bistik LDG (Lidah Goyang) yang terdiri dari lidah sapi, bistik dadar lidah, dan bistik campur.

Baca :   1863 Surakarta Restaurant & Lounge

Selain bestik, menu makanan lainnya adalah nasi goreng, mie goreng, dan risol. Ada pula satu menu yang tidak tersedia di menu namun bisa Anda pesan, yaitu elek-elekan. Ternyata, elek-elekan adalah sisa-sisa lidah sapi yang digoreng crispy. Menu tersebut tidah dicantumkan karena dinilai tidak pantas disandingkan dengan menu bistik lainnya. Menu ini hanya beredar dari mulut ke mulut penggemar bistik di Solo.

Baca :   Kuliner Minuman Khas Solo, Es Dawet Telasih Bu Dermi

Menu nasi goreng juga tak kalah unik. Nasi goreng di sini dibalut bungkusan dadar telur tipis. Anak-anak sering menjadikan menu nasi goreng bungkus telur dadar ini sebagai menu favorit. Menu yang satu ini memang kerap menjadi salah satu menu kantin SD.

Harjo Bistik merupakan warung favorit tokoh-tokoh masyarakat populer di Solo dan Indonesia. Suasana khas Solo ditambah dengan live keroncong semakin menambah nilai jual Harjo Bistik.

Alamat         : Jalan dr. Radjiman, Jalan Kapten Mulyadi, dan Jalan Veteran

No. Telp       : 081804544472

Jam Buka    : 18.00-24.00 WIB

sewa mobil online