Mendalami Sejarah Batik di Museum Batik Danar Hadi Solo

Mendalami Sejarah Batik di Museum Batik Danar Hadi Solo

0

Museum Batik Danar Hadi Solo

sewa mobil online

Museum Batik Danar Hadi Solo (Ndalem Wuryaningratan) didirikan oleh PT Batik Danar Hadi tahun 2008. Perusahaan tersebut sudah sangat dikenal masyarakat Solo sebagai perusahaan tekstil batik.

House of Danar Hadi (HDH) dulunya adalah sebuah kediaman KRMTA Wuryaningrat, seorang pangeran yang merupakan cucu dari Sri Susuhunan Paku Buwono IX dan menantu dari Sri Susuhunan Paku Buwono X. Bangunan tersebut sudah berdiri sejak tahun 1890.

Bangunan kuno tersebut kini menjadi sebuah cagar budaya. Sebelum dimanfaatkan oleh perusahaan Danar Hadi sebagai wisata sejarah-budaya, kondisi kediaman Wuryaningrat terbengkalai, dipenuhi ilalang. Danar Hadi melihat peluang konservasi budaya ini dan membeli kediaman pangeran itu pada tahun 1999. Setelah direnovasi, bangunan ini beralih fungsi menjadi ruang serba guna.

Baca :   Akulturasi Budaya Jawa-Eropa dalam Bentuk Istana, Keraton Mangkunegaran

Sebuah buku berjudulu Pengaruh Zaman dan Lingkungan karya H. Santosa Doellah, pendiri PT Batik Danar Hadi, mengilhami konsep pendirian museum. Sebagai museum batik, House of Danar Hadi memamerkan koleksi-koleksi batik kuno yang dikelompokkan dalam periodisasi-periodisasi tertentu; sebelum penjajahan, selama penjajahan Belanda dan Jepang, hingga saat-saat kemerdekaan Indonesia. Beberapa jenis batik yang dipamerkan adalah Batik Indonesia, Batik Kraton, Batik Sudagaran, Batik Cina, Batik Hokokai, dan Batik Belanda. Kain-kain yang dipamerkan merupakan koleksi pribadi Bapak Doellah.

Baca :   Menilik Ikon Kota Solo, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat
Danarsih Hadipriyono dan Santosa Doellah
Danarsih Hadipriyono dan Santosa Doellah, Pemiliki Batik Danar Hadi

Selain museum batik, ada dua tempat menarik yang ada di dalam kompleks Ndalem Wuryaningratan ini. Pertama, kompleks pabrik batik cap dan batik tulis yang terbuka untuk umum. Kedua, sebuah kafe yang menyajikan aneka kuliner bernama Cafe Soga, terletak di samping museum.

Alamat : Jalan Brigjen Slamet Riyadi No. 261, Surakarta 57141

Baca :   Taman Satwa Taru Jurug, Bukan Sekadar Etalase Fauna Langka

No. Telp : (0271) 714326, Fax (0271) 714253

Jam Buka : Setiap hari, 09.00-17.00 WIB kecuali 1 Januari, 17 Agustus, dan saat Pemilihan Umum/Pemilihan Kepala Daerah

Museum Batik Danar Hadi

sewa mobil online