Candi Prambanan, Kompleks Candi Paling Terkenal di Yogyakarta

Candi Prambanan, Kompleks Candi Paling Terkenal di Yogyakarta

0

Candi Prambanan

sewa mobil online

Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti telah mengenal Candi Prambanan di Sleman, Yogyakarta. Peninggalan Hindu dari abad kesepuluh ini digadang-gadang menjadi candi Hindu tercantik di dunia. Kompleks candi ini mempunyai candi tertinggi setinggi 47 meter, lima meter lebih tinggi daripada Candi Borobudur. Lokasi candi terletak di Jalan Raya Jogja-Solo km 16, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Baca :   Gua Kiskendo, Gua Berhiaskan Relief Ramayana

Candi Prambanan adalah simbol kejayaan Hindu di tanah Jawa. Dua raja, Rakai Pikatan dan Rakai Balitung, adalah penguasa-penguasa tanah Jawa terkenal yang membangun Candi Prambanan. Para wisatawan sangat terkesan dengan keindahan arsitektur candi dan kompleks taman di sekitarnya.

Di halaman utama, Candi Prambanan mempunyai tiga candi. Setiap lambang Trimurti mempunyai satu candi di kompleks ini, yakni Candi Wisnu, Candi Brahma, dan Candi Siwa. Ketiga candi yang menghadap timur itu mempunyai satu candi pendamping yang menghadap ke barat. Candi Wisnu mempunyai pendamping Candi Garuda. Sedangkan Candi Brahma berpendamping Candi Angsa. Terakhir, Candi Siwa berpendamping Candi Nandi. Selain keenam candi yang sudah disebutkan, masih ada dua candi apit, empat candi kelir, dan empat candi sudut. Di halaman kedua, terdapat 224 candi yang tersusun apik.

Baca :   Pantai Drini Tawarkan Dua Karakteristik Pantai Indonesia

Relief Candi Prambanan yang sangat terkenal adalah kisah Ramayana. Relief menarik lainnya adalah pohon Kalpataru sebagai lambang pohon kehidupan, kelestarian, dan keserasian lingkungan.

sewa mobil online