Gunung Puntang Bandung, Satu Lagi Gunung Berpeninggalan Belanda

Gunung Puntang Bandung, Satu Lagi Gunung Berpeninggalan Belanda

0

Gunung Puntang Bandung, Satu Lagi Gunung Berpeninggalan Belanda

sewa mobil online

Gunung-gunung di Bandung banyak yang memiliki gua-gua peninggalan Belanda. Kemungkinan besar, tentara-tentara Belanda memang menjadikan gunung-gunung di Bandung dan sekitarnya sebagai kantong-kantong pertahanan mereka. Tak terkecuali Gunung Puntang, sebuah gunung yang terletak di Bandung Selatan.

Gunung Puntang berada di ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut. Maka dari itu, suhu rerata tempat ini dari 15 hingga 25 derajat Celcius.

Baca :   Pemandian Air Panas Cibolang, Berendam di Tengah Cuaca Dingin

Di gunung ini, ada petilasan loji Belanda, gua Belanda, dan basis stasiun pemancar radio kolonial. Pemancar radio itu, konon dibangun tahun 1923, dikatakan sebagai stasiun radio terbesar di dunia saat itu. Letak yang strategis (tersembunyi dan mengarah langsung ke Belanda) membuat siaran radio di Gunung Puntang bisa mencapai negeri Belanda.

Baca :   Puncak Ciumbuleuit (Punclut), Kawasan Puncak yang Jadi Wisata Kuliner

Kini, Gunung Puntang sering digunakan para pelajar dan mahasiswa untuk mengadakan kegiatan perkemahan. Anda bisa memanfaatkan jalan setapak di gunung sebagai jogging track.

Selain peninggalan Belanda dan bumi perkemahan, ada sungai, air terjun, hutan pinus, dll. Suasana di sekitar Gunung Puntang Bandung seringkali berkabut dan dingin. Namun, hal itu malah bisa dimanfaatkan untuk meminum bandrek, minuman khas Bandung yang menghangatkan. Warung-warung di sepanjang Gunung Puntang menyediakan pula kopi hangat, teh hangat, dan mie hangat.

Baca :   Gunung Kareumbi Masigit, Gunung dengan Ekowisata Beragam

Docar menyediakan sewa mobil bandung bagi anda yang membutuhkan transportasi ketika liburan di Bandung.

sewa mobil online