Taman Hiburan di Tengah Kota Solo, THR Sriwedari

Taman Hiburan di Tengah Kota Solo, THR Sriwedari

0

THR Sriwedari Taman Hiburan Rakyat Sriwedari (THR Sriwedari) merupakan sebuah taman hiburan yang dibangun oleh Paku Buwono X. Taman ini mulanya diperuntukkan sebagai tempat istirahat dan rekreasi para keluarga kerajaan. Saat ini, taman ini ramai dijadikan alternatif wisata bagi seluruh lapisan masyarakat kerena kemudahan akses dan biayanya terjangkau.

sewa mobil online

Dahulu, kompleks THR Sriwedari dijadikan sebuah kebun binatang bernama Bon Rojo. Tempat tersebut adalah tempat penangkaran fauna-fauna buruan tangkapan keluarga kerajaan. Setelah Paku Buwono X mangkat pada tahun 1939, Keraton Surakarta Hadiningrat mengalami kemunduran. Dampaknya, Bon Rojo Sriwedari semakin tidak terawat. Satwa-satwanya pun dipindah ke Taman Satwa Taru Jurug.

Baca :   Tempat Wisata yang Cocok untuk Malam Mingguan, Ngarsopuro Night Market

Kini, Bon Rojo berubah menjadi taman hiburan. Berbagai arena bermain dan arena ketangkasan ada di dalamnya. Pada saat-saat tertentu, pertunjukan musik diadakan untuk menghibur masyarakat Solo.

Di kompleks Sriwedari, juga ada gedung Kesenian Wayang Orang Sriwedari. Gedung ini telah dipugar agar bagus dan bersih.

Kesenian Wayang Orang Sriwedari sempat menjadi primadona hiburan di tahun 1960-1970an sebelum era televisi. Para manusia yang bermain menjadi wayang dirias dan mengenakan kostum hingga serupa wayang kulit.

Baca :   Museum Radya Pustaka dan Sejarah Kerajaan Surakarta

Pada waktu-waktu tertentu, misalnya malam Lailatul Qadar, penduduk Solo mengadakan ritual budaya yaitu kirab dari pelataran Keraton Kasunanan hingga THR Sriwedari.

wisata THR Sriwedari

Alamat : Jalan Brigjen Slamet Riyadi No. 275, Penumping, Laweyan, Surakarta 57141

No. Telp : (0271) 741432

Jam Buka : Setiap hari, 10-00-22.00 WIB. Gedung Wayang Orang, Senin-Sabtu 20.00-23.00 WIB

Docar sewa mobil solo siap mengantar anda Keliling kota Solo.

Baca :   Benteng Vastenburg, Cagar Budaya di Tengah Kota
sewa mobil online