Observatorium Bosscha, Tempat Melihat Bintang Tertua di Indonesia

Observatorium Bosscha, Tempat Melihat Bintang Tertua di Indonesia

0

Observatorium Bosscha, Tempat Melihat Bintang Tertua di Indonesia

sewa mobil online

Observatorium Bosscha yang terletak di Lembang, Bandung Barat merupakan pusat peneropongan bintang yang sudah berdiri sejak 1923. Tempat ini dibangun oleh Perhimpunan Bintang Hindia Belanda di sebuah lahan seluas 6 hektare dan tinggi 1310 di atas permukaan laut.

Tempat melihat bintang Bosscha ini mulai mendapatkan perhatian publik saat menjadi salah satu setting film Petualangan Sherina yang rilis tahun 2000. Kini, tempat yang dikelola oleh Institut Teknologi Bandung ini menjadi salah satu tempat wisata edukatif yang terkenal di Indonesia.

Baca :   Taman Vanda Bandung, Ruang Kota yang Indah saat Malam Hari

Observatorium Bosscha

Di Bosscha, ada lima teleskop besar yang digunakan untuk mengamati bintang-bintang di angkasa. Mereka adalah Teleskop Refraktor Ganda Zeiss, Teleskop Schimidt Bima Sakti, Teleskop Refraktor Bamberg, Teleskop Cassegrain GOTO, dan Teleskop Refraktor Unitron. Sementara itu, dua teleskop lainnya, Teleskop Surya dan Teleskop Radio 2,3m juga aktif digunakan.

Seluruh teleskop memiliki dimensi dan fungsi berbeda-beda. Ada yang berfungsi untuk mengamati spektrum bintang, citra kawah bulan, matahari, benda-benda langit lainnya, gerhana bulan dan matahari, hingga hilal.

Baca :   Saung Angklung Udjo, Pusat Wisata Budaya Lengkap di Bandung

Alamat       : Jalan Peneropong Bintang, Lembang, Bandung Barat

No. Telp     : (022) 2786027

sewa mobil online