Candi Gedong Songo : Candi Agung di atas Bukit Ungaran

Candi Gedong Songo : Candi Agung di atas Bukit Ungaran

0
Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo berada di daerah Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Kompleks candi ini sangat luas di hamparan dataran tinggi di lereng Gunung Ungaran. Karena letak sembilan kompleks candi tersebar, dipastikan wisatawan harus menjelajah lahan yang luas jika ingin melihat keindahan semua candinya.

sewa mobil online

Kata gedong (bangunan) dan songo (sembilan) berasal dari bahasa Jawa. Seperti yang sudah bisa diduga, nama Gedong Songo memiliki arti sembilan kelompok bangunan. Candi-candi ini diperkirakan dibangun pada abad kesembilan Masehi, tepatnya 927 Masehi, oleh Wangsa Syailendra.

Baca :   Pecinan Semarang: Bagian Kota Atlas Ini Bak Negeri Tirai Bambu

Candi-candi tersebut terletak di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Tak heran bahwa hawa di sekitar candi ini cukup dingin. Meskipun terletak di ketinggian, kabut yang menyelimuti membuat candi-candi ini sering tidak bisa dilihat dari kejauhan.

Candi Gedong Songo ditemukan tahun 1804 oleh Stamford Raffles. Dia menamakan kompleks penemuan candi itu Gedong Pitoe. Candi peninggalan Hindu ini sebenarnya sudah diketahui sejak tahun 1740 oleh seorang Belanda bernama Loten. Van Braam, Friederich & Hopermans, dan van Stein Calefells adalah para ilmuwan yang meneliti dan mempublikasikan penelitian tentang Candi Gedong Songo setelah Raffles.

Baca :   Wana Wisata Penggaron Ungaran Jadi Tempat Favorit Outbond

Penelitian pertama terkait Gedong Songo tercatat tahun 1916. Kemudian, candi-candi tersebut mulai dipugar tahun 1977 hingga 1983 oleh Pemerintah Indonesia. Tahun 2009, pemetaan ulang semua kompleks candi dilaksanakan pemerintah.

Jalur penjelajahan Gedong Songo ada dua; jalur pejalan kaki dan jalur berkuda. Jalur pejalan kaki sangat cocok untuk hiking. Jalur berkuda dibuat terpisah agar tidak mengganggu pejalan kaki.

Baca :   Kampoeng Kopi Banaran : Alternatif Tempat Wisata di Tol Ungaran-Bawen

Kompleks wisata Gedong Songo menyediakan sebuah pemandian air panas buatan. Pemandian tersebut terletak di antara Candi Gedong III dan Gedong IV. Di dekat kepunden gunung Ungaran, mengalirlah sumber air panas berkandungan belerang cukup tinggi. Kandungan belerang tersebut menjadikan pemandian ini dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit.

Candi Gedong Songo merupakan lokasi wisata rekomended untuk wisatawan yang ingin menikmati pemandangan dataran tinggi daerah Semarang sekalian dengan mengunjungi peninggalan bersejarah kerajaan Hindu di Indonesia.

sewa mobil online