Rumah Limas, Rumah Adat Sumatra Selatan yang Kian Ditinggalkan

Rumah Limas, Rumah Adat Sumatra Selatan yang Kian Ditinggalkan

0

Fakta Cepat Mengenai Rumah Limas:

sewa mobil online
  1. Tipikal rumah Limas sangat luas hingga bisa digunakan untuk hajatan
  2. Memiliki lima ruangan yang melambangkan jenjang kehidupan bermasyarakat
  3. Semakin jarang dibangun karena membutuhkan wilayah yang luas

Selayang Pandang

Rumah Limas adalah rumah tradisional warga Sumatra Selatan. Rumah ini memiliki ciri khas atap berbentuk limas, lantai bertingkat-tingkat, dan lahan rumah yang luas. Setiap unsur di rumah limas memiliki filosofi budaya tersendiri. Hal ini membuat nilai budaya rumah Limas tinggi.

Deskripsi Singkat Unsur-unsur Rumah Limas

Tingkatan dalam rumah Limas disebut bengkilas. Tempat menerima tamu di rumah ini adalah di teras atau lantai dua. Rumah Limas memiliki luas antara 400 hingga 1.000 meter persegi. Saking luasnya, rumah Limas biasa digunakan untuk menerima hajat atau mengadakan acara adat. Luasnya lahan yang dibutuhkan untuk membangun rumah Limas menjadi alasan mengapa dewasa ini semakin jarang ditemukan rumah Limas.

Baca :   Pulau Kemaro Terkenal dengan Kisah Cinta Sejati Antar Insan Berbeda Bangsa dan Budaya

Selain itu, material pembuat rumah Limas juga beraneka ragam. Dinding, lantai, dan pintu rumah dibuat dari kayu Tembesu. Tiang rumah dibuat dari kayu Unglen yang tahan air. Sedangkan rangka rumah terbuat dari kayu Seru. Dalam budaya orang Palembang, kayu Seru dilarang untuk diinjak atau dilangkahi. Maka dari itu, kayu yang cukup langka ini tidak digunakan untuk bagian bawah rumah Limas.

Baca :   Mengunjungi Pusat Kerajinan Songket di Tanggo Buntung

Rumah Limas memiliki lima ruangan yang menyimbolkan lima jenjang kehidupan bermasyarakat. Ruangan tersebut dinamakan Kekijing yang menyimbolkan usia (Pagar Tenggalung), jenis (Jogan), bakat (Kekijing Ketiga), pangkat (Kekijing Keempat), martabat (Gegajah).

Dalam kebudayaan Palembang, dikenal tiga garis keturunan asli masyarakat Palembang. Garis keturunan atau kedudukan masyarakat Palembang ini disebut Kiagus, Kemas dan atau Massagus, serta Raden. Garis keturunan ini disimbolkan dengan tingkat atau kijing yang dimiliki rumah Limas. Tingkatan rumah terendah adalah tempat berkumpulnya golongan Kiagus, tingkat kedua tempatnya garis keturunan Kemas dan atau Massagus, dan tingkat terakhir untuk golongan Raden.

Lokasi Rumah Limas

Meskipun sudah jarang ditemukan, wisatawan masih dapat melihat rumah Limas. Tercatat ada dua rumah Limas yang sering dikunjungi wisatawan. Yang pertama adalah rumah Limas milik keluarga Bayuki Wahab. Alamatnya di Jalan Mayor Ruslan. Yang kedua adalah milik keluarga Hasyim Ning di Jalan Pulo, 24 Ilir, Kota Palembang.

Baca :   Bukit Seguntang, Dianggap Keramat karena Ada Makam Leluhur

Sewa mobil di Palembang sekarang jadi mudah dengan aplikasi DOcar – Solusi Sewa Mobil Pilihan Anda. Unduh aplikasi DOcar tanpa dipungut biaya alias GRATIS di Google PlayStore. Pastikan Anda membagikan artikel ini ke keluarga dan teman-teman Anda jika Anda mendapati artikel ini menambah wawasan umum Anda; karena ilmu tidak akan habis walau dibagi.


sewa mobil online