Lebih Jauh Mengenal Sejarah Pakaian di Museum Tekstil Palembang

Lebih Jauh Mengenal Sejarah Pakaian di Museum Tekstil Palembang

0
Museum Tekstil Palembang
Museum Tekstil Palembang

Fakta Cepat Mengenai Museum Tekstil Palembang:

sewa mobil online
  1. Bangunan museum bergaya perpaduan Eropa dan Indonesia tempo dulu
  2. Terdiri dari gedung utama dan gedung membatik
  3. Kurang dirawat sehingga terlihat usang

Selayang Pandang

Museum Tekstil Palembang berlokasi dI Jalan Merdeka No. 9, Talang Semut, Bukit Kecil, Kota Palembang, Provinsi Sumatra Selatan. Sesuai namanya, museum ini menyimpan segala hal yang berhubungan dengan sejarah pakaian dan tekstil di daerah Palembang. Tercatat, ada lebih dari 500 benda bersejarah terkait tekstil yang disimpan di museum tersebut.

Baca :   Jakabaring Sports Complex : Kompleks Olahraga Tempat Penyelenggaraan Event Internasional

Bangunan Museum Bergaya Indonesia-Eropa

Gedung Museum Tekstil Palembang berkonsep klasik. Gaya Eropa dan Indonesia berpadu menjadi satu yang tercermin dalam bentuk bangunan museum. Tepat di depan gedung, terdapat sebuah meriam kuno. Di sekitar bangunan, terdapat patung sepasang suami istri yang mengenakan pakaian adat Sumatra Selatan.

Museum Tekstil Palembang terdiri atas dua bangunan. Bangunan pertama adalah bangunan museum alias tempat koleksi museum disimpan atau dipamerkan. Koleksi Museum Tekstil Palembang sebagian besar berupa kain songket khas Palembang beserta alat tenunnya serta batik khas Palembang.

Baca :   Bukit Seguntang, Dianggap Keramat karena Ada Makam Leluhur

Sementara itu, bangunan kedua luasnya lebih kecil dari gedung utama dan letaknya berada di belakang gedung tersebut. Bangunan kedua ini difungsikan sebagai gedung sarana batik membatik. Di gedung tersebut, wisatawan dapat melihat para pengrajin batik yang sedang bekerja. Mereka juga bisa belajar cara membatik kepada pengrajin-pengrajin ini.

Museum Tekstil Palembang sudah dilengkapi dengan sarana interaktif modern berupa TV LCD dan studio. Para wisatawan dapat dengan mudah mendapatkan informasi melalui sarana-sarana tersebut. Sayangnya, kondisi museum ini kurang diperhatikan. Bangunannya kian usang karena masyarakat kurang antusias untuk mengunjungi museum ini.

Baca :   Gunung Dempo, Salah Satu Puncak Tertinggi Pegunungan Bukit Barisan

Tiket Masuk Museum Tekstil Palembang : Rp2.000,00


Sewa mobil di Palembang sekarang jadi mudah dengan aplikasi DOcar – Solusi Sewa Mobil Pilihan Anda. Unduh aplikasi DOcar tanpa dipungut biaya alias GRATIS di Google PlayStore. Pastikan Anda membagikan artikel ini ke keluarga dan teman-teman Anda jika Anda mendapati artikel ini menambah wawasan umum Anda; karena ilmu tidak akan habis walau dibagi.


sewa mobil online