Curup Maung : Destinasi Wisata Wajib Bagi Pencinta Alam

Curup Maung : Destinasi Wisata Wajib Bagi Pencinta Alam

0
Curup Maung
Curup Maung

Fakta Cepat Mengenai Curup Maung:

sewa mobil online
  1. Baru ditemukan warga tahun 2014
  2. Sempat menjadi topik terpopuler dunia
  3. Memiliki tinggi dan lebar yang hampir sama yaitu 80 meter.

Selayang Pandang

Curup Maung merupakan nama sebuah air terjun di Desa Rinduhati, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatra Selatan. Lokasi tepatnya adalah di 25 kilometer dari pusat Kota Lahat dan 220 kilometer dari pusat Kota Palembang.

Kabupaten Lahat sendiri telah dikenal sebagai kabupaten dengan banyak air terjun. Bahkan, Lahat mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai kabupaten dengan jumlah air terjun terbanyak.

Curup Maung memiliki ketinggian yang hampir sama dengan lebarnya yaitu sekitar 80 meter. Air terjunnya mengalir ke bawah dan terbagi-bagi oleh dinding jurang. Menurut penuturan penduduk setempat, sumber air Curup Maung berasal dari Ayek Mingkek.

Baca :   Wisata Air di Fantasy Island Palembang

Di sebelah kanan Curup Maung, terdapat dua air terjun lainnya yang sering dijadikan tempat mandi. Aliran airnya sampai ke Sungai Lematang.

Para wisatawan biasanya datang ke Curup Maung untuk melihat-lihat pemandangan alam yang menakjubkan. Mereka juga bisa mencoba duduk di bawah aliran air terjun. Menurut mereka, aliran air terjun bagaikan terapi pijat alami. Mereka mengaku merasakan kesegaran alami usai mandi di Curup Maung.

Rute Perjalanan dan Tiket Masuk ke Curup Maung

Untuk mencapai Curup Maung, wisatawan tidak bisa mengggunakan angkutan umum karena tidak ada angkutan yang melewati kawasan tersebut. Maka dari itu, para wisatawan harus membawa kendaraan pribadi.

Baca :   MDP IT Superstore : Tempat Jual Beli Produk IT Terbesar se-Sumatra

Bagi Anda yang berasal dari luar daerah, Anda dapat memanfaatkan solusi sewa mobil di Palembang yaitu DOcar. Dengan mengunduh aplikasi DOcar secara gratis di GooglePlay, Anda dapat menyewa mobil dan membayar tarif sewanya langsung dari aplikasi tersebut.

Medan jalan menuju Curup Maung dinilai banyak orang sangat menantang. Pasalnya, kendaraan harus menanjaki jalan berkemiringan lebih dari 30 derajat. Jalanan ekstrem ini masih ditambah dengan sisi kanan dan kiri berupa jurang atau tebing.

Perjalanan menggunakan kendaraan pribadi akan melewati kebun karet dan kebun kopi milik penduduk. Wisatawan dipersilakan memarkirkan kendaraannya di Desa Padang Muaro Duo. Desa tersebut merupakan desa terdekat dari Curup Maung.

Setelah itu, perjalanan menuju air terjun diteruskan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak. Wisatawan juga akan melewati hutan dan kebun kopi sebelum menuruni jalur berbatu. Jalur tersebut juga ekstrem karena berkemiringan 40 derajat.

Baca :   Danau Ranau : Suguhkan Wisata Air Danau Terbesar Kedua di Pulau Sumatra

Satu yang perlu diingat, kondisi fisik para wisatawan haruslah sedang fit untuk mengunjugi Curup Maung. Mereka juga perlu membawa bekal cukup karena perjalanan menuju air terjun panjang dan melelahkan.


Sewa mobil di Palembang sekarang jadi mudah dengan aplikasi DOcar – Solusi Sewa Mobil Pilihan Anda. Unduh aplikasi DOcar tanpa dipungut biaya alias GRATIS di Google PlayStore. Pastikan Anda membagikan artikel ini ke keluarga dan teman-teman Anda jika Anda mendapati artikel ini menambah wawasan umum Anda; karena ilmu tidak akan habis walau dibagi.


sewa mobil online