Hutan Wisata Punti Kayu : Paru-paru Kota Palembang

Hutan Wisata Punti Kayu : Paru-paru Kota Palembang

0
Hutan Punti Kayu
Hutan Punti Kayu

Fakta Cepat Mengenai Hutan Wisata Punti Kayu:

sewa mobil online
  1. Luasnya sekitar 40 hektare
  2. Dihuni berbagai flora dan fauna termasuk serangga langka
  3. Kerap dijadikan lokasi pelbagai kegiatan edukasi tentang alam

Selayang Pandang

Hutan Punti Kayu atau yang bernama lengkap Taman Wisata Alam (TWA) Punti Kayu adalah satu-satunya hutan di Palembang yang terletak di tengah-tengah kota tersebut. Lokasi tepatnya adalah di kawasan km 7 Palembang. Hutan waisata ini mendapatkan predikat sebagai hutan pinus dalam kota terbesar di Indonesia.

Hutan dengan luas sekitar 39,9 hektare ini ditetapkan sebagai hutan wisata berdasarkan SK Menteri Kehutanan tertanggal 7 Maret 1985 No 57/Kpts-II/1985. Karena letaknya yang berada di tengah-tengah Kota Palembang, hutan wisata dan rekreasi keluarga ini ditetapkan fungsinya sebagai paru-paru kota.

Baca :   Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I Cerminan 3 Gaya Arsitektur Dunia

Pada tahun 2002, fungsi Hutan Wisata Punti Kayu diperluas menjadi hutan konservasi dengan tidak meninggalkan fungsi sebelumnya sebagai hutan wisata. Penetapan Hutan Punti Kayu sebagai hutan konservasi tercantum dalam SK Menteri Kehutanan 7 Oktober 2002 No 9273/Kpts-II/2002.

Pemerintah Kota Palembang sebagai pengelola Hutan Punti Kayu telah beberapa kali mendapatkan penghargaan Adipura. Penghargaan tersebut diberikan atas keberhasilan usaha Pemerintah Palembnag untuk mempertahankan hutan konservasi. Hingga saat ini, 80% lahan konservasi Punti Kayu masih sangat terjaga.

Berisi Beragam Flora dan Fauna

Hutan Punti Kayu adalah rumah dari berbagai macam flora dan fauna. Seperti diungkapkan sebelumnya, tumbuhan pohon utama di Hutan Punti Kayu adalah Pinus (Pinus merkussi). Selain pinus, flora di dalam hutan ini antara lain Talog (Muntingia calabura), Pulai (Alstonia granensis), Akasia (Acacia mangium), dan Mahoni (Switenia swageri).

Sementara itu, fauna-fauna yang mendiami hutan ini terdiri dari tupai, biawak, musang, kera ekor panjang, beruk, dll. Hutan ini juga merupakan tempat tinggal serangga jenis langka yang belum memiliki nama ilmiah.

Baca :   Palembang Icon : Lifestyle Mall Pertama di Kota Pempek

Dilengkapi Fasilitas Layaknya Taman Hiburan

Untuk meningkatkan jumlah pengunjung, salah satu cara yang dilakukan pengelola Hutan Wisata Punti Kayu adalah menyiapkan penunjang kegiatan wisata. Berbagai wahana pun disediakan dan dibangun. Adapun fasilitas yang disediakan meliputi perahu bebek, perahu naga, jembatan gantung, kebun binatang, dan outbond training (flying fox, kanopi bridge).

Baca :   The Amanzi Waterpark CitraGrand City Usung Konsep Petualangan Alam Liar

Pihak pengelola juga kerap mengadakan kegiatan yang bertujuan untuk mengedukasi pengunjung. Misalnya saja kegiatan pengamatan satwa, program pengamatan pohon, dan paket wisata anak cerdas. Salah satu tujuan program-program tersebut adalah menanamkan kepedulian kepada anak-anak sehingga mereka senantiasa menjaga kelestarian lingkungan.


Sewa mobil di Palembang sekarang jadi mudah dengan aplikasi DOcar – Solusi Sewa Mobil Pilihan Anda. Unduh aplikasi DOcar tanpa dipungut biaya alias GRATIS di Google PlayStore. Pastikan Anda membagikan artikel ini ke keluarga dan teman-teman Anda jika Anda mendapati artikel ini menambah wawasan umum Anda; karena ilmu tidak akan habis walau dibagi.


sewa mobil online