Mengunjungi Pusat Kerajinan Songket di Tanggo Buntung

Mengunjungi Pusat Kerajinan Songket di Tanggo Buntung

0
Sentra Kerajian Songket Tanggo Buntung (foto: Sriwijaya Post)
Sentra Kerajian Songket Tanggo Buntung (foto: Sriwijaya Post)

Fakta Cepat Mengenai Pusat Kerajinan Songket Tanggo Buntung

sewa mobil online
  1. Pusat galeri kerajinan songket
  2. Ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara
  3. Sering menjadi tempat berlangsungnya acara budaya berskala internasional
  4. Bisa melihat langsung proses pembuatan songket
  5. Calon pembeli diperbolehkan menawar harga songket

Selayang Pandang

Songket merupakan jenis kain tenunan tradisional daerah Melayu dan Minangkabau. Kerajinan dengan menggunakan kain tenun ini bisa ditemukan di Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Istilah kain songket berasal dari istilah “sungkit”. Dalam bahasa Melayu dan bahasa Indonesia, istilah tersebut berarti “mencungkil” atau “mengait”. Hal ini mengacu kepada cara membuatnya yaitu mengaitkan dan mengambil sejumput kain tenun lalu menyelipkan benang emas.

Songket termasuk dalam keluarga tenunan brokat. Kain ini biasa ditenun dengan tangan dengan menggunakan benang emas dan perak. Efek yang ditimbulkan dari benang logam metalik adalah kemilau cemerlang. Pakaian dengan bahan kain songket biasa digunakan pada acara-acara resmi.

Baca :   Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I Cerminan 3 Gaya Arsitektur Dunia

Zaman dahulu, kain songket hanya boleh dikenakan oleh para bangsawan Palembang. Seseorang dianggap mulia, tinggi derajat dan martabatnya ketika memakan kain mewah ini. Tradisi juga mengharuskan kain songket hanya boleh ditenun oleh para gadis. Kini, peraturan-peraturan tidak tertulis itu sudah lebih longgar. Siapapun dapat memakai dan menenun kain songket.

Tradisi menenun kain songket diturunkan secara turun-temurun. Oleh karena itu, lazim ditemukan pengrajin songket yang masih memiliki hubungan keluarga.

Sentra Songket Tanggo Buntung Salah Satu Pusat Kerajinan Songket Terkenal di Palembang

Sentra Songket Tanggo Buntung sudah hadir sejak sekitar abad ke-18. Sentra ini berisi galeri-galeri songket yang menjual kerajinan songket berkualitas tinggi. Kawasan ini berlokasi di Jalan Ki Gede Ing Suro, Kelurahan 30 Ilir Kecamatan IB II Palembang, Provinsi Sumatra Selatan. Adapun galeri yang terkenal di antaranya Fikri Collection, Zainal Songket, Cek Ilah, dan Cek Ipah. Selain menjual kain songket, galeri-galeri ini juga menyediakan sarung tajung, batik jenis songket, jumputan, dan souvenir khas Palembang.

Baca :   Kampung Kapitan: Nyaris Terabaikan, Kampung Warga Tionghoa Pertama di Palembang

Harga kain songket bisa dibilang mahal. Sepotong kain songket harganya berkisar antara ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Harganya yang mahal ini memang sebanding dengan bahan dan waktu yang dibutuhkan untuk membuat satu songket. Benang tenun songket benar-benar berasal dari lembaran emas. Sedangkan untuk pengerjaan satu kain membutuhkan waktu hingga tiga bulan.

Untuk membuat satu kain songket, ada empat tahap yang harus dilalui. Tahap pertama adalah mencuci benang, tahap kedua mewarnai benang, tahap ketiga membuat motif, dan tahap terakhir menenun benang menjadi kain. Semakin tua kain songket, semakin tinggi pula harganya.

Baca :   Candi Bumiayu : Situs Peninggalan Agama Hindu di Sumatra Selatan

Sementara untuk motifnya, kain songket memiliki tiga motif dasar. Motif pertama adalah motif tumbuhan, motif kedua adalah motif geometris, dan motif terakhir gabungan antara motif geometris dan tumbuhan.

Rute Menuju Sentra Kerajinan Songket Tanggo Buntung

Angkutan Umum      : Terminal Ampera – angkutan jurusan Ampera-Tanggo Buntung

Kendaraan Pribadi    : Jalan Merdeka – Simpang Empat Kambang Iwak – Gerbang Sentra Industri Pengrajin Songket


Sewa mobil di Palembang sekarang jadi mudah dengan aplikasi DOcar – Solusi Sewa Mobil Pilihan Anda. Unduh aplikasi DOcar tanpa dipungut biaya alias GRATIS di Google PlayStore. Pastikan Anda membagikan artikel ini ke keluarga dan teman-teman Anda jika Anda mendapati artikel ini menambah wawasan umum Anda; karena ilmu tidak akan habis walau dibagi.


sewa mobil online