Kampung Kapitan: Nyaris Terabaikan, Kampung Warga Tionghoa Pertama di Palembang

Kampung Kapitan: Nyaris Terabaikan, Kampung Warga Tionghoa Pertama di Palembang

0

Fakta Cepat Mengenai Kampung Kapitan:

sewa mobil online
  1. Kampung pertama yang dihuni warga keturunan Tionghoa di Palembang
  2. Berjarak sekitar 10 menit perjalanan dari pusat Kota Palembang
  3. Memiliki bangunan bergaya akulturasi budaya lokal dan Tionghoa

Selayang Pandang

Kampung Kapitan adalah sebuah tempat wisata sejarah yang berada di Jalan K. H. Azhari – Dermaga 7 Ulu, Palembang, 7 Ulu, Seberang Ulu I, Kota Palembang, Provinsi Sumatra Selatan. Kampung ini disebut sebagai kampung warga Tionghoa pertama yang menetap di Palembang.

Meskipun mengandung nilai sejarah tak ternilai, saat ini, kondisi Kampung Kapitan memprihatinkan dan nyaris terlupakan. Padahal, kampung ini berada di kawasan padat penduduk.

Baca :   Air Terjun Bidadari Palembang : Konon Jadi Tempat Mandi Para Bidadari

Para pengendara yang melintasi Jembatan Ampera dapat dengan mudah melihat Kampung Kapitan. Lokasinya hanya 10 menit perjalanan dari pusat Kota Palembang. Untuk menuju kampung tersebut, wisatawan dapat menggunakan angkutan kota, becak, atau kendaraan pribadi.

Akulturasi Budaya dalam Arsitektur Bangunan di Kampung Kapitan

Barangkali yang menjadikan Kampung Kapitan sebagai kampung yang menarik adalah bangunan-bangunan peninggalannya. Struktur bangunan di sana adalah akulturasi budaya lokal Palembang dan budaya Tiongkok.

Baca :   Mengunjungi Pusat Kerajinan Songket di Tanggo Buntung

Rumah-rumah tersebut berbentuk menyerupai limas dan mempunyai tiang penopang rumah. Ciri-ciri tersebut adalah ciri rumah Palembang. Sedangkan pengaruh budaya Tiongkok dapat dilihat di bagian teras rumah dan dalam rumah. Bahan bangunan rumah biasanya terbuat dari kayu. Akan tetapi, seiring perkembangan jaman, ada beberapa bangunan yang terbuat dari beton.

Spot Wisata Menarik di Kampung Kapitan

Beberapa spot wisata menarik di Kampung Kapitan selain bangunan rumah adalah batu pagoda dan tempat ibadah orang Tionghoa. Batu pagoda berada di tengah lapangan. Batu tersebut beralaskan keramik setinggi sekitar 2,5 meter. Batu tersebut sering digunakan sebagai tempat selfie atau swafoto. Di sekitarnya, banyak tempat duduk dari beton yang dijadikan tempat nongkrong anak muda.

Baca :   Gunung Dempo, Salah Satu Puncak Tertinggi Pegunungan Bukit Barisan

Sewa mobil di Palembang sekarang jadi mudah dengan aplikasi DOcar – Solusi Sewa Mobil Pilihan Anda. Unduh aplikasi DOcar tanpa dipungut biaya alias GRATIS di Google PlayStore. Pastikan Anda membagikan artikel ini ke keluarga dan teman-teman Anda jika Anda mendapati artikel ini menambah wawasan umum Anda; karena ilmu tidak akan habis walau dibagi.


sewa mobil online