Museum Negeri Balaputera Dewa Simpan Koleksi Arkeologi Tiga Zaman

Museum Negeri Balaputera Dewa Simpan Koleksi Arkeologi Tiga Zaman

0
Museum Balaputera Dewa
Museum Balaputera Dewa

Fakta Cepat Mengenai Museum Negeri Balaputradewa:

sewa mobil online
  1. Kini dikenal dengan sebutan Museum Negeri Provinsi Sumatra Selatan
  2. Diresmikan tanggal 5 November 1984
  3. Menyimpan 3.882 benda bersejarah dari masa ke masa

Selayang Pandang

Museum Negeri Balaputera Dewa berlokasi di Jalan Sriwijaya I No. 288 KM 5,5 Sukaramai, Palembang, Sumatra Selatan. Museum yang dibangun tahun 1978 dan diresmikan tanggal 5 November 1984 itu kini disebut dengan nama Museum Negeri Provinsi Sumatra Selatan. Pengelola museum ini adalah Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sumatra Selatan.

Pamerkan Segala Sesuatu Tentang Palembang

Museum ini mempunyai luas lahan sekitar 23.565 meter persegi. Gedung museum bergaya tradisional Palembang. Adapun koleksinya mencapai 3.882 item yang digolongkan dalam 10 jenis; koleksi Biologika, Geologika, Arkeologika, dll.

Baca :   Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Hadirkan Kembali Kejayaan Era Sriwijaya

Koleksi arkeologi di museum ini dibagi menjadi tiga periodisasi masa. Pembagian pertama adalah koleksi masa prasejarah, kedua masa pra-Sriwijaya, dan ketiga masa Sriwijaya.

Sebelum menuju ruang pameran, pengunjung akan mendapati replika arca-arca dari zaman megalith yang ditemukan di Sumatra Selatan di selasar museum. Arca manusia dililit ular, arca orang menunggang kerbau, dan arca ibu menggendong anak merupakan beberapa replika arca yang dapat dilihat di selasar tersebut.

Sementara itu, seluruh koleksi dipamerkan di tiga ruang pameran utama. Informasi sejarah berdirinya Kerajaan Sriwijaya diberikan di ruang setelah melewati selasar. Koleksi benda zaman prakerajaan Sriwijaya juga dipamerkan di situ. Benda-benda tersebut antara lain manik-manik, kerajinan tembikar, dan pengecoran logam.

Baca :   MDP IT Superstore : Tempat Jual Beli Produk IT Terbesar se-Sumatra

Replika prasasti peninggalan Kerajaan Sriwijaya juga dipamerkan di museum tersebut. Pengunjung dapat dengan mudah menemukan replika prasasti Talang Tuo, Kedukan Bukit, Kembang Unglen I, Kembang Unglen II, Boom Baru, Relaga Batu, dan Siddhayatra di museum ini. Koleksi arca Buddha, arca Hindu, dan Fragmen zaman Kerajaan Sriwijaya tersimpan rapi tanpa cela.

Tentu saja, kain kebanggaan rakyat Sumatra Selatan, songket, mendapatkan tempat penting di museum ini. Kain bermotif Naga Besaung sepanjang enam meter dan lebar 25 meter adalah salah satu kain songket koleksi kebanggan Museum Balaputera Dewa. Selain kain, alat tenun songket pun juga ikut disimpan dan dipamerkan kepada pengunjung.

Baca :   Taman Purbakala Jadi Saksi Bisu Kejayaan Kerajaan Sriwijaya

Kerajinan seni ukir, rumah limas, dan rumah ulu juga dipamerkan di museum ini. Khusus untuk rumah limas dan rumah ulu, keduanya ada di halaman belakang museum.

Jam Buka Museum Balaputera Dewa Palembang : Selasa-Minggu, 08.30-15.00 WIB

Harga Tiket Masuk Museum Balaputera Dewa Palembang

Anak-anak     : Rp1.000,00

Dewasa          : Rp2.000,00


Sewa mobil di Palembang sekarang jadi mudah dengan aplikasi DOcar – Solusi Sewa Mobil Pilihan Anda. Unduh aplikasi DOcar tanpa dipungut biaya alias GRATIS di Google PlayStore. Pastikan Anda membagikan artikel ini ke keluarga dan teman-teman Anda jika Anda mendapati artikel ini menambah wawasan umum Anda; karena ilmu tidak akan habis walau dibagi.


sewa mobil online