Wana Wisata Penggaron Ungaran Jadi Tempat Favorit Outbond

Wana Wisata Penggaron Ungaran Jadi Tempat Favorit Outbond

0

Wana Wisata Penggaron terletak di Desa Susukan, Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang. Kawasan wisata ini sebenarnya masih termasuk wilayah hutan binaan Kesatuan Bisnis Mandiri Wisata, Benih, dan Usaha Lain (KBM WBU I) Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah. Lokasi wisata ini sekitar dua kilometer dari Kota Ungaran dan sekitar 18 kilometer dari Kota Semarang.

sewa mobil online

Para pengunjung kawasan wisata ini biasanya menggunakan area hutan untuk outbond training, olah raga, jungle tracking, latihan Pramuka dan SAR, penelitian, dan tentunya rekreasi. Lokasi ini hanya berjarak sekitar satu kilometer dari Jalan Raya Semarang-Solo sehingga sebenarnya bisa dikembangkan lebih jauh lagi sebagai tempat wisata rekreasi keluarga.

Baca :   Kebun Binatang Mangkang : Tempat Konservasi Satwa Berkonsep Edukatif

Sebagai tempat penelitian, seringkali kawasan wisata ini dipakai sebagai lokasi pengamatan burung. Koleksi burung-burung liar yang hidup di Wanawisata Penggaron ini cukup banyak. Menurut laporan SBC, setidaknya ada 97 spesies fauna yang ada di kawasan ini. Elang Ular Bido, Merak Hijau, Kadalan Kembang, Kadalan Birah, dan beberapa raptor migran adalah beberapa spesies unik yang hidup di wanawisata ini. Fauna burung begitu banyak karena lokasi ini sekaligus menjadi jalur migrasi raptor dari belahan bumi utara.

Baca :   Museum Ronggowarsito Pajang 11 Jenis Koleksi Sejak 1989

Dengan potensi alam yang dimiliki Wanawisata Penggaron, seharusnya objek wisata ini bisa dikembangkan menjadi objek ekoeduwisata yang mampu menarik wisatawan. Ekoeduwisata adalah wisata alam yang berwawasan lingkungan serta pendidikan.

Rute Menuju Lokasi Wana Wisata Penggaron Ungaran:

Dari arah Kota Semarang, arahkan perjalanan Anda menuju ke Taman Unyil Ungaran. Teruskan perjalanan hingga sampai Gedung Bappeda. Setelah melewati gedung tersebut, ambil belokan ke kiri. Alternatif lainnya, belok kiri setelah Mapolres Ungaran. Setelah itu, teruskan perjalanan hingga ujung lalu belok ke kiri. Teruskan perjalanan hingga ujung dan belok kanan. Wana wisata Penggaron berada di sisi kiri jalan setelah menyeberangi jembatan tol Semarang-Solo.

Baca :   Kolam Renang Bersumber Air Pegunungan; Tirto Argo Siwarak
sewa mobil online