Gedung Joang 45, Museum Tempat Peninggalan Bung Karno Disimpan

Gedung Joang 45, Museum Tempat Peninggalan Bung Karno Disimpan

0
Gedung Joang 45 (foto: Wikipedia)
Gedung Joang 45 (foto: Wikipedia)

Fakta Singkat Mengenai Gedung Joang 45:

sewa mobil online
  1. Museum Joang 45 adalah bangunan bekas Hotel Schomper.
  2. Gedung Joang 45 adalah bekas markas Pemoeda Menteng 31.
  3. Koleksi-koleksi Museum Joang 45 berkaitan dengan sejarah kemerdekaan Indonesia.

Gedung Joang 45 diresmikan oleh Presiden pertama RI, Soekarno, pada tahun 1974. Museum ini terletak di Jalan Menteng Raya 31, Kelurahan Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Museum ini adalah salah satu saksi bisu saat Indonesia masih belum merdeka.

Sebelum menjadi museum, bangunan Gedung Joang 45 adalah sebuah hotel bernama Schomper. Hotel ini dibangun pada tahun 1920 dan selesai pada 1938. Pengelolanya adalah orang Belanda bernama L. C. Schomper.

Sewaktu Jepang berkuasa di negeri ini, hotel Schomper diambil alih oleh Departemen Propaganda (Ganseikanbu Sendenbu). Gedung tersebut kemudian dikenal sebagai Gedung Menteng 31.

Baca :   Melihat Keperkasaan Maritim Indonesia Sepanjang Masa di Museum Bahari

Pada masa kemerdekaan, Gedung Menteng 31 digunakan oleh beberapa tokoh sebagai markas program pendidikan politik. Beberapa tokoh di antaranya adalah Chaerul Saleh, Adam Malik, Sukarni, dan A. M. Hanafi.

Tokoh-tokoh muda tersebut dikenal dengan sebutan Pemoeda Menteng 31. Mereka terlibat langsung dalam Peristiwa Rengasdengklok, peristiwa penculikan Soekarno, Hatta, dan Fatmawati sehari sebelum kemerdekaan Indonesia.

Karena sejarah inilah, tak heran jika Museum Joang 45 dijadikan tempat menyimpan dan memamerkan barang-barang bersejarah yang berkaitan dengan peristiwa Proklamasi. Arsip-arsip dokumentasi berupa foto, patung, miniatur, dan kendaraan kepresidenan disimpan di tempat ini.

Baca :   Menyimak Sejarah Jakarta Beserta Peninggalan Bersejarah Kota Tersebut

Miniatur yang ada menggambarkan keadaan sewaktu Soekarno melakukan orasi dalam Rapat Besar di Lapangan IKADA, 19 September 1945. Sedangkan kendaraan yang disimpan di sini adalah tiga kendaraan kepresidenan yang digunakan oleh Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta.

Fasilitas pendukung museum seperti ruang pameran tetap, ruang pameran temporer, pojok multimedia, aneka ragam games, toko suvenir, perpustakaan, Bioskop Joeang 45, Childrenroom, plaza outdoor, dan foto studio hadir untuk membantu pengunjung lebih mendalami peristiwa sejarah yang berkenaan dengan Proklamasi.

Adapun aktivitas reguler yang bisa dilakukan pengunjung museum adalah Penyuluhan Permuseuman, Pameran dan Diskusi, serta Partisipasi Jabodetabek dan Dalam Daerah. Sementara itu, aktivitas seperti Napak Tilas Proklamasi, Pameran Temporer, Pameran Keliling, dan Pekan Museum Joang diadakan sesekali dalam waktu sementara atau temporer.

Baca :   Museum Wayang, Bekas Gereja VOC yang Jadi Tempat Pameran Koleksi Budaya

Alamat Gedung Joang 45

Alamat : Jalan Menteng Raya No. 31, Kelurahan Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat

Telepon : (021) 3909148

Fax : (021) 3923185

Email : museumjoangjakarta@yahoo.co.id


Sewa mobil di Jakarta sekarang jadi mudah dengan aplikasi DOcar Solusi Sewa Mobil Pilihan Anda. Unduh aplikasi DOcar tanpa dipungut biaya alias GRATIS di Google PlayStore. Pastikan Anda membagikan artikel ini ke keluarga dan teman-teman Anda jika Anda mendapati artikel ini menambah wawasan umum Anda; karena ilmu tidak akan habis walau dibagi.


sewa mobil online