Gunung Dempo, Salah Satu Puncak Tertinggi Pegunungan Bukit Barisan

Gunung Dempo, Salah Satu Puncak Tertinggi Pegunungan Bukit Barisan

0
Gunung Dempo
Gunung Dempo

Fakta Cepat Mengenai Gunung Dempo:

sewa mobil online
  1. Memiliki ketinggian 3.159 mdpl
  2. Termasuk dalam jajaran Pegunungan Bukit Barisan
  3. Pernah dijadikan lokasi Paralayang PON ke-XVI Palembang

Selayang Pandang

Gunung Dempo adalah salah satu puncak tertinggi dari jajaran Pegunungan Bukit Barisan. Pegunungan Bukit Barisan membentang dari Aceh hingga ke Lampung. Sementara itu, Gunung Dempo terletak di perbatasan antara ProvinsI Sumatra Selatan dan Provinsi Bengkulu tepatnya di Kabupaten Pagar Alam. Gunung ini mempunyai ketinggian 3.159 meter di atas permukaan laut.

Terkenal Sebagai Daerah Penghasil Kopi Robusta

Kawasan Gunung Dempo terkenal sebagai kawasan penghasil kopi robusta yang terkenal enak. Lahan kopi terkenal di kawasan tersebut tepatnya terletak di Kota Pagalaram, sebuah kota berhawa dingin di lereng Gunung Dempo. Kota tersebut terletak sekitar tujuh jam perjalanan  (310 km) dari Ibukota Provinsi Sumatra Selatan, Palembang.

Baca :   Masjid Cheng Ho Sriwijaya Cerminan Multikulturalisme di Palembang

Kegiatan para petani teh dan kopi di gunung tersebut layaknya kegiatan petani di pegunungan lainnya. Pengunjung bisa melihat deretan orang bercaping membawa keranjang di pundak sedang memanen daun teh atau bijih kopi. Kadang-kadang ada orang yang naik ke puncak gunung untuk mencari kayu.

Suguhkan Pemandangan Daratan Bengkulu

Gunung Dempo termasuk jenis gunung berapi aktif. Maka dari itu, kadang-kadang terlihat ada semburan asap dan lumpur yang mengarah ke dataran yang lebih rendah. Gunung ini memiliki dua puncak. Salah satu puncaknya disebut Puncak Api. Puncak Gunung Dempo yang pertama berupa dataran masif yang ditumbuhi tanaman mirip perdu.

Baca :   Palembang Icon : Lifestyle Mall Pertama di Kota Pempek

Sebuah lembah yang mengapit puncak pertama dan puncak utama memiliki mata air. Sumber mata air yang mengalir tersebut jenih. Namun, airnya terasa sedikit kecut kemungkinan karena rembesan belerang. Para pendaki bisa mendirikan tenda di lembah ini.

Kemiringan lereng Gunung Dempo adalah sekitar 40 derajat. Lereng tersebut dipenuhi batu-batu dan kerikil-kerikil. Secara umum, pendakian menuju puncak utama tidak terlalu sulit. Usai mencapai puncak, para pendaki bisa melihat sebuah kawah gunung dengan diameter 100 meter. Kawah tersebut masih aktif sehingga sangat berbahaya jika didekati. Pemandangan di puncak gunung sangat menawan. Jika cuaca cerah tidak berawan, para pendaki bahkan bisa melihat daratan Bengkulu di sebelah selatan.

Dijadikan Lokasi Olah Raga Paralayang

Selain terkenal di kalangan wisatawan pendaki gunung, pemerintah mengapresiasi keindahan Gunung Dempo. Ini dibuktikan dengan penyelenggaraan cabang olah raga Paralayang PON ke-XVI yang bertempat di gunung ini.

Baca :   Ziarah ke Tempat Peristirahatan Terakhir Raja-raja Palembang di Kawah Tengkurep

Sebagai oleh-oleh kepada sanak saudara, para wisatawan Gunung Dempo dapat membeli kopi robusta, alpukat, dan benalu teh di pasar tradisional atau pusat oleh-oleh khas Palembang. Pasar dan pusat oleh-oleh berada di pusat kota.


Sewa mobil di Palembang sekarang jadi mudah dengan aplikasi DOcar – Solusi Sewa Mobil Pilihan Anda. Unduh aplikasi DOcar tanpa dipungut biaya alias GRATIS di Google PlayStore. Pastikan Anda membagikan artikel ini ke keluarga dan teman-teman Anda jika Anda mendapati artikel ini menambah wawasan umum Anda; karena ilmu tidak akan habis walau dibagi.


sewa mobil online