Al Quran Al-Akbar : Wisata Religi Melihat Al Quran Raksasa di Palembang

Al Quran Al-Akbar : Wisata Religi Melihat Al Quran Raksasa di Palembang

0
Al Quran Al-Akbar
Al Quran Al-Akbar

Fakta Cepat Mengenai Al Quran Al-Akbar:

sewa mobil online
  1. Merupakan Al Quran terbesar di dunia
  2. Diprakarsai oleh Ustaz Syofwatillah Mohzaib
  3. Dikerjakan sejak tahun 2002 dan selesai tahun 2008
  4. Dicetak di atas sekitar 40 kubik kayu lembaran kayu tembesu
  5. Diresmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono tanggal 30 Januari 2012

Selayang Pandang

Al Quran Al-Akbar adalah mushaf Al Quran terbesar di dunia. Lokasi mushaf tersebut di Pondok Pesantren Al Ihsaniyah Gandus, Kota Palembang, Provinsi Sumatra Selatan. Pembangunan Al Quran ini diprakarsai oleh Ustaz Syofwatillah Mohzaib pada tahun 2002. Tujuh tahun kemudian, ke-30 juz telah selesai dipahat di sekitar 40 kubik lembaran kayu tembesu itu.

Baca :   Taman Purbakala Jadi Saksi Bisu Kejayaan Kerajaan Sriwijaya

Potongan-potongan lembar Al Quran tersebut pada mulanya dipamerkan di Masjid Agung Palembang. Namun, setelah koleksi lengkap, potongan-potongan tersebut dipindahkan ke Pondok Pesantren Al Ihsaniyah Gandus. Pemajangan di Masjid Agung Palembang juga dimaksudkan untuk mendapatkan koreksi dari umat. Di pondok pesantren tersebut, Al Quran ditempatkan di sebuah galeri dan ditata sedemikian rupa sehingga membentuk labirin.

Total ada 315 potongan papan tembesu. Ukuran setiap papannya 177 x 140 sentimeter. Kedua sisi papan tembesu diukir. Itu berarti, total halaman Al Quran raksasa ini adalah 630 halaman. Lembaran Al Quran tersebut dipahat dengan hurub Arab timbul berwarna kuning. Tepian lembarannya dihiasi ornamen khas Palembang bermotif bunga-bunga. Pembangunan papan Al Quran ini membutuhkan dana 2 miliar rupiah.

Baca :   Candi Bumiayu : Situs Peninggalan Agama Hindu di Sumatra Selatan

Al Quran Al-Akbar dinilai layak dipublikasikan pada akhir tahun 2011. Oleh karena itu, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono kemudian meresmikannya. Peresmian tersebut berbarengan dengan acara pertemuan dengan delegasi konferensi parlemen Organisasi Konferensi Islam (OKI).

Jadi Destinasi Wisata Religi

Keberadaan Al Quran Al-Akbar tidak hanya menarik perhatian warga lokal tetapi juga luar daerah bahkan sampai mancanegara. Lokasi tempat Al Quran tersebut dipajang kini menjadi destinasi wisata religi yang terkenal di Palembang. Selain melihat mushaf Al Quran raksasa, para pengunjung juga bisa membeli suvenir terkait di toko suvenir.

Baca :   Museum Negeri Balaputera Dewa Simpan Koleksi Arkeologi Tiga Zaman

Sewa mobil di Palembang sekarang jadi mudah dengan aplikasi DOcar – Solusi Sewa Mobil Pilihan Anda. Unduh aplikasi DOcar tanpa dipungut biaya alias GRATIS di Google PlayStore. Pastikan Anda membagikan artikel ini ke keluarga dan teman-teman Anda jika Anda mendapati artikel ini menambah wawasan umum Anda; karena ilmu tidak akan habis walau dibagi.


 

sewa mobil online