Hutan Wisata Tinjomoyo : Pilihan Utama Wisata Alam Tengah Kota Semarang

Hutan Wisata Tinjomoyo : Pilihan Utama Wisata Alam Tengah Kota Semarang

0
Tinjomoyo, Semarang (oleh akun Instagram @ali_alfathur)
Tinjomoyo, Semarang (oleh akun Instagram @ali_alfathur)

Kali ini, kami akan membahas tentang hutan wisata yang berada di Tinjomoyo, Banyumanik, Semarang. Hutan tersebut masih satu lokasi dengan Universitas Katolik Soegijapranata. Dari tengara Tugu Muda Semarang, hutan ini bisa dijangkau sekitar 10-20 menit.

sewa mobil online

Untuk mencapai Hutan Wisata Tinjomoyo, pengunjung tidak akan dipusingkan dengan ketiadaan angkutan umum dan jeleknya kondisi jalan. Pasalnya, tempat wisata ini relatif dekat dengan tengah kota. Meskipun demikian, seperti hutan-hutan pada umumnya, udara sekitar tempat wisata masih sejuk, keadaan tenang, dan suasananya juga masih asri.

Baca :   Taman Unyil Ungaran : Taman Isi Miniatur Jalan Raya

Sebenarnya, hutan ini dulunya adalah kawasan kebun binatang. Tempat seluas 57 hektare ini dijadikan area kebun binatang sejak 1985. Ada banyak koleksi flora fauna yang dapat disaksikan masyarakat umum.

Namun, area kebun binatang tersebut harus dipindahkan ke daerah Mangkang pada tahun 2007 oleh Pemerintah Kota Semarang. Sebabnya, terjadi banjir besar di Kali Girang setahun sebelumnya. Banjir tersebut membuat jembatan penghubung antara pintu masuk dengan hutan Tinjomoyo rusak. Akses ke lokasi kebun binatang pun sempat terganggu. Bahkan, banjir tersebut membuat kontur tanah sekitar hutan labil, rawan longsor.

Baca :   Gua Kreo : Menengok Petilasan Sunan Kalijaga di Tengah-tengah Waduk Jatibarang

Setelah dilakukan perbaikan sana sini, kawasan tersebut dibuka sebagai hutan wisata. Objek wisata ini mengutamakan keanekaragaman hayati yang menciptakan pemandangan indah. Tak heran, selain dipakai berselfie ria, banyak calon suami-istri memutuskan untuk melakukan pengambilan gambar foto pranikah di sini. Untuk selfie, mereka sering memanfaatkan reruntuhan jembatan dan jembatan besi sebagai latar belakang.

Burung kepodang, burung Elang Ular Bido, dan burung Elang Jawa dapat ditemukan di dalam hutan. Memang, hutan ini merupakan habitat setidaknya 240 jenis burung. Sementara flora dan faunanya didominasi oleh pohon jati dan pohon pinus. Sebagai tambahan informasi, burung kepodang adalah ikon Provinsi Jawa Tengah.

Baca :   Pantai Maron : Dekat dengan Pusat Kota, Kini Tampak Berbeda

Untuk memeriahkan suasana, pengunjung bisa mengikuti combat game, outbond, flying fox, menyusuri sungai, dll. yang operasionalnya dikelola warga setempat. Hutan Wisata Tinjomoyo buka setiap hari pukul 07.00 hingga 18.00 WIB.

sewa mobil online