Kampung Batik Kauman : Rumahnya Pembatik Keraton Kasunanan

Kampung Batik Kauman : Rumahnya Pembatik Keraton Kasunanan

0

kampung batik kauman

sewa mobil online

Kampung Batik Kauman dulunya merupakan kediaman para ulama dari berbagai lapisan masyarakat. Mereka adalah penghulu tafsir anom, suronoto, ketip, modin, dan kaum. Karena Kaum adalah penduduk mayoritas daerah ini, maka kampung tersebut diberi nama Kampung Kauman.

Setelah Keraton Kartosuro pindah ke daerah Solo (kemudian berubah nama menjadi Keraton Kasunanan), masyarakat kaum atau abdi dalem dilatih oleh pihak Kasunanan secara khusus untuk membatik selendang atau jarik. Dengan keahlian yang didapat masyarakat Kauman tersebut, mereka bisa menghasilkan batik-batik bermotif Keraton.

Baca :   Pasar Antik Triwindu, Tempat Berkumpulnya Barang-barang Kuno

batik kauman solo

Saat ini, sebanyak puluhan industri rumah tangga ada di Kampung Batik Kauman. Mereka telah mempunyai langganan turun-temurun dari mancanegara, seperti masyarakat Eropa, Asia Tenggara, dan khususnya Jepang serta Amerika Serikat.

Keunggulan mengunjungi Kampung Batik Kauman adalah para pelancong bisa melihat proses membatik di rumah-rumah produksi, bahkan bisa mencoba mempraktekkan langsung. Fasilitas-fasilitas pendukung pariwisata seperti hotel dan homestay sangat membantu para wisatawan yang ingin merasakan rasanya hidup di tengah-tengah masyarakat produsen batik.

Baca :   Kawasan Jalan Dago Bandung Utara, Pusatnya Factory Outlet

[infobox style=”alert-info”]

Alamat         : Kauman, Kota Surakarta

No. Telp       : (0271) 632214

Jam Buka    : 07.00-20.00 WIB

[/infobox]

sewa mobil online