Pantai Drini Tawarkan Dua Karakteristik Pantai Indonesia

Pantai Drini Tawarkan Dua Karakteristik Pantai Indonesia

0
Pantai Drini

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki garis pantai yang cukup luas di sebelah selatan Pulau Jawa. Fakta ini membuat provinsi tersebut mempunyai cukup banyak pantai. Salah satu pantai terkenal yang akan dibahas berikut ini adalah Pantai Drini. Jika dibandingkan dengan pantai lain di Jogja, terdapat dua hal menarik dari Pantai Drini. Yang pertama, dikatakan bahwa suhu air di Pantai Drini lebih dingin daripada suhu air di pantai-pantai di sekitarnya. Pantai Drini juga memiliki dua karakteristik pantai yang bertolak belakang.

sewa mobil online

Objek wisata alam Pantai Drini berlokasi di Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Sebuah pulau karang di seberang pesisir pantai membelah Pantai Drini menjadi sisi timur dan sisi barat. Nah, dua sisi ini memiliki karakteristik ombak yang sangat bertolak belakang.

Baca :   Taman Pintar Yogyakarta : Museum Edukatif untuk Semua Kalangan

Bagian timur Pantai Drini memiliki karakteristik ombak yang cukup tenang. Ternyata, sisi pantai yang tenang ini sedikit banyak dikarenakan tebing-tebing tinggi dan pulau karang yang menghalangi lajunya ombak. Bagian pantai yang sering juga disebut laguna ini aman digunakan untuk berendam.

Di sisi timur ini, air laut berwarna biru kehijauan. Menurut para wisatawan dan masyarakat setempat, air laut di laguna tersebut manjur untuk menghilangkan rasa lelah. Ikan-ikan laut seperti Sergeant Major, Goby Pasir, dan Jambrong mondar-mandir di tempat yang bisa dikatakan sebagai kolam mandi alami ini.

Baca :   Hutan Pinus Mangunan, Lokasi Favorit Pemburu Foto Lansekap Cantik

Sementara itu, sisi barat Pantai Drini mempunyai karakteristik yang garang menantang. Para nelayan sering menebarkan jala mereka di tempat ini. Menurut mereka, ombak di bagian barat Pantai Drini ini kuat dan langsung menuju samudera. Inilah alasan mengapa para nelayan memilih menebar jala di tempat ini. Para wisatawan bisa menemukan perahu-perahu bercadik para nelayan di sisi pantai sebelah barat ini.

Baca :   Mengunjungi Candi Sari, Asrama Pendeta Buddha

Seperti yang tadi sudah disebutkan, pulau karang yang membelah Pantai Drini ternyata bisa dikunjungi. Tangga beton sudah dibangun untuk mempermudah akses ke pulau karang. Pandanus tectorius alias pandan laut memenuhi daerah pulau karang ini. Jika ingin melihat pemandangan ke laut lepas, wisatawan bisa mengunjungi bagian atas pulau karang.

Pantai Drini mendapatkan namanya dari banyaknya santigi (drini) yang tumbuh di pulau karang. Tumbuhan tersebut memiliki nama Latin Pemphis acidula.

sewa mobil online